Analisis Kualitas Pelayanan Perpanjangan SIM Melalui Layanan Digital SINAR (SIM NASIONAL PRESISI) Di Kabupaten Malang

Naufal, Risky Anan and Dr. Siti Rochmah, M.Si and Lestari Eko Wahyudi, S.AP., M.AP (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Perpanjangan SIM Melalui Layanan Digital SINAR (SIM NASIONAL PRESISI) Di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SINAR (Sim Nasional Presisi) merupakan sebuah inovasi pelayanan publik yang diluncurkan oleh Digital Korlantas Polri di seluruh Indonesia untuk memudahkan pelayanan khususnya perpanjangan SIM kepada masyarakat. Satpas Kabupaten Malang menjadi salah satu Satpas di Jawa Timur yang berperan untuk melayani masyarakat dalam hal perpanjangan SIM khususnya dengan layanan digital SINAR. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Fokus penelitian terbagi menjadi dua yakni: 1) Analisis Kualitas Pelayanan Perpanjangan SIM Melalui Layanan Digital SINAR; dan 2) Faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan perpanjangan SIM melalui layanan digital SINAR. Sumber data yang digunakan mencakup sumber data primer dan sekuder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan perpanjangan SIM melalui layanan digital SINAR di Satpas Kabupaten Malang sudah cukup baik meskipun terdapat beberapa kekurangan dalam beberapa dimensi 1)Tangible menunjukkan terdapat kekurangan dalam infrastruktur fisik namun petugas tetap terus berupaya memberikan kemudahan pada masyarakat, 2)Realiability kecepatan, ketanggapan, dan kecermatan petugas dalam memberikan pelayanan, serta efektivitas dan efisiensi pelayanan yang berjalan dengan lancar, 3)Responsiveness petugas dalam mengatasi antrian dan merespon keluhan masyarakat juga cukup baik, meskipun layanan pengaduan secara aplikasi belum tersedia, 4)Assurance sudah menunjukkan keberhasilan dengan adanya jaminan legalitas, keamanan data, biaya, dan informasi yang baik, 5)Empathy petugas Satpas Kabupaten Malang terlihat memberikan pelayanan dengan sangat baik, mengutamakan kepentingan pemohon dengan cepat, ramah, sopan santun, dan tanpa diskriminasi. Beberapa faktor pendukung seperti kemudahan akses, sistem layanan yang baik, dan umpan balik pengguna. Kemudian untuk faktor penghambat seperti sumber daya petugas, infrastruktur pendukung, dan juga masyarakat.

English Abstract

SINAR (National Precision SIM) is a public service innovation launched by the Digital Korlantas of the Indonesian National Police throughout Indonesia to facilitate services, particularly driver's license renewals, for the public. The Malang Regency Satpas is one of the Satpas in East Java that serves the public in driver's license renewals, specifically through the SINAR digital service. This research uses a descriptive research design with a qualitative approach. The research focuses on two main areas: 1) Analysis of Service Quality in Extending Driver's Licenses through the SINAR Digital Service; and 2) Supporting and hindering factors in the quality of driver's license extension services through the SINAR digital service. Data sources include both primary and secondary data. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The research findings indicate that the quality of driver's license extension services through the SINAR digital service at the Malang Regency Satpas is quite good, although there are some shortcomings in several dimensions: 1) Tangible aspects show deficiencies in physical infrastructure, but officials continue to strive to facilitate the public, 2) Reliability in terms of speed, responsiveness, and accuracy of officials in providing services, as well as the smooth running of services in terms of effectiveness and efficiency, 3) Responsiveness of officials in managing queues and responding to public complaints is also quite good, although a complaint service through the application is not yet available, 4) Assurance already shows success with guarantees of legality, data security, cost, and good information, 5) Empathy of the Malang Regency Satpas officials is seen in providing services very well, prioritizing the interests of applicants quickly, friendly, politely, and without discrimination. Some supporting factors include ease of access, a good service system, and user feedback. On the other hand, hindering factors include the resources of officials, supporting infrastructure, and the community itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030062
Uncontrolled Keywords: SINAR, Kualitas Pelayanan-SINAR, Service Quality
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 14 May 2024 08:22
Last Modified: 14 May 2024 08:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218732
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Risky Anan Naufal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item