Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember)

Latifah, Rahmawati Zaskia and Dr. Tri Yumarni, S.I.P., M.Si and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2024) Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan publik ditentukan dari kinerja pegawai yang memberikan pelayanan, kinerja yang baik maka kualitas pelayanan yang diberikan juga baik. Begitupun jika pegawai memiliki kinerja buruk, tidak kompeten dan tidak memiliki integritas maka hasil kinerja buruk dan berdampak pada buruknya kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisa kinerja pegawai serta menganalisa kinerja pegawai pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Umbulsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Kinerja Pegawai meliputi kualitas kerja, ketepatan waktu, inisiatif, kemampuan, dan komunikasi, (2) Kualitas Pelayanan Publik meliputi responsiveness, responsibility, dan accountability. Sumber data berasal data primer dan data sekunder. Berlokasi di Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Data dikumpulkan melalui Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992:20) melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada kinerja pegawai dilihat dari 5 indikator yang sebagai acuan dalam menilai kinerja dan beberapa indikator yang sudah berjalan dengan baik meskipun masih belum optimal. Kelima indikator ini diantara memiliki hambatan dalam pelaksanaanya dimulai dari ketidak telitian, kecerobohan, kemampuan yang kurang dalam menjalin kerjasama, serta jaringan internet yang tidak memadai. Pada kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kecamatan Umbulsari sudah tergolong cukup baik. Daya tanggap oleh pegawai sudah baik, prosedur pelayanan berjalan dengan baik meskipun masih belum optimal sebab memerlukan pengetahuan dan ketelitian dalam memeriksa berkas administrasi kependudukan. Mengenai penyelenggaraan pelayanan yang diberikan oleh Kecamatan Umbulsari sudah sesuai dengan norma yang berlaku.

English Abstract

The quality of public services is determined by the performance of the employees providing the service. Good performance means the quality of the service provided is also good. Likewise, if employees have poor performance, are incompetent and do not have integrity, the results will be poor performance and will have an impact on the poor quality of public services. The aim of this research is to describe and analyze employee performance and analyze employee performance in improving the quality of public services in Umbulsari District. This research uses descriptive research with a qualitative approach and is limited by two research focuses, namely (1) Employee performance including work quality, timeliness, initiative, ability and communication, (2) Public Service Quality including responsiveness, responsibility and accountability. Data sources come from primary data and secondary data. Located in Umbulsari District, Jember Regency. Data was collected through interview, observation and documentation techniques. Data analysis uses Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1992:20) through the stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Employee performance is seen from 5 indicators which serve as a reference in assessing performance and several indicators which are running well even though they are still not optimal. These five indicators have obstacles in their implementation starting from carelessness, carelessness, lack of ability to collaborate, and inadequate internet networks. The quality of public services provided by Umbulsari District is quite good. Responsiveness by employees is good, service procedures are running well, although they are still not optimal because they require knowledge and accuracy in checking population administration files. Regarding the implementation of services provided by Umbulsari District, it is in accordance with applicable norms.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030059
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan Publik-Employee Performance, Quality of Public Services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 May 2024 07:37
Last Modified: 13 May 2024 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218728
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rahmawati Zaskia Latifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item