Pengaruh Moral Pajak, Kepercayaan Kepada Pemerintah, dan Kesadaran Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Sidoarjo Barat)

Usman, Muhammad Khalid and Damas Dwi Anggoro, SAB., MA. (2024) Pengaruh Moral Pajak, Kepercayaan Kepada Pemerintah, dan Kesadaran Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. (Studi pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kabupaten Sidoarjo Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Wajib Pajak pribadi adalah individu tau perorangan yang telah memenuhi syarat tertentu sesuai dengan peraturan. Pajak adalah pemasukan dana terbesar untuk negara. Komponen pendapatan negara ini berasal dari sektor perpajakan maupun diluar sektor perpajakan, Penerimaan dari sektor perpajakan merupakan hal yang vital dan determinan dalam penyusunan APBN yaitu sebagai kontribusi terbesar dalam penerimaan suatu negara. Masih adanya terjadi realisasi penerimaan pajak belum memenuhi target dari yang ditentukan, tentu banyak faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh moral pajak, kepercayaan kepada pemerintah, dan kesadaran pajak terhadap kepatuhan pajak. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan Theory of Planned Behaviour (TPB) sebagai grand theory. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langusung dari jawaban responden atas kuisioner yang dibagikan. Populasi dalam penelitian ini adalah WPOP yang terdaftar di kantor pelayanan pajak pratama Sidoarjo barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan Teknik convenience sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa moral pajak dan kepercayaan kepada pemerintah berpengaruh positif terhadap kepatuhan pajak. Sedangkan, kesadaran pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sidoarjo Barat.

English Abstract

Tax is a compulsory contribution to the state owed by an individual or entity that is coercive under the law with no direct remuneration and is used for state purposes for the greatest prosperity of the people. Personal taxpayers are individuals or individuals who have met certain requirements in accordance with regulations. Taxes are the largest income of funds for the state. This component of state revenue comes from the tax sector and outside the tax sector, revenue from the tax sector is vital and determinant in the preparation of the state budget, which is the largest contribution to state revenue. There is still a realization of tax revenue that has not met the specified target, of course, many factors influence. This reseach aims to analyze and determine the effect of tax morals, trust in the government, and tax awareness on tax compliance. This research was conducted using quantitative methods with the Theory of Planned Behavior (TPB) as the grand theory. The type of data used in this study is primary data obtained directly from respondents' answers to the questionnaires distributed. The population in this study is WPOP registered at the west Sidoarjo primary tax service office. The sampling technique used in this study is non probability sampling with convenience sampling technique. The sample used in this study was 100 respondents. The results showed that tax morale and trust in the government have a positive effect on tax compliance. Meanwhile, tax awareness does not affect taxpayer compliance at the West Sidoarjo Pratama Tax Service Office.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030054
Uncontrolled Keywords: Wajib pajak, Moral pajak, Kepercayaan kepada pemerintah, Kesadaran pajak, Kepatuhan pajak.Taxpayer, Tax morale, Trust in government, Tax awareness, Tax compliance.
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 May 2024 07:37
Last Modified: 13 May 2024 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218715
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Khalid Usman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item