Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka melalui Perspektif Policy Triangle Framework (Studi pada SMA Negeri 1 Malang)

Larasati, - and Dr. Mujibur Rahman Khairul Muluk, S,Sos, M.Si and Lestari Eko Wahyudi, S.AP., M.AP (2024) Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka melalui Perspektif Policy Triangle Framework (Studi pada SMA Negeri 1 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kurikulum merupakan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, sehingga pemerintah akan melakukan inovasi repetitif untuk melakukan perubahan. Tindakan tersebut dimaksudkan untuk menyesuaikan perkembangan zaman dan memperbaiki pendidikan. Di samping itu learning loss menghilangkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik sejak covid-19. Hasil skor PISA 2022 mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, dalam tiga hal yaitu matematika, membaca, dan sains. Dibutuhkan Kurikulum Merdeka dalam mengoptimalkan kompetensi peserta didik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis Kebijakan Kurikulum Merdeka melalui perspektif policy triangle framework pada SMA Negeri 1 Malang. Selain itu penelitian ini juga mengkaji faktor pendukung dan penghambat menggunakan force field analysis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang akan dilanjutkan dengan analisis interaktif menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor yang terlibat maupun tidak terlibat dalam kebijakan memiliki peran penting dalam mendukung Kebijakan Kurikulum Merdeka. Konteks penyebab Kurikulum Merdeka ditetapkan terdiri dari faktor situasional, faktor struktural, dan faktor budaya. Proses dimulai dari identifikasi masalah, perumusan kebijakan, implementasi, dan evaluasi. Konten berbentuk dokumen 1, dokumen 2, dan dokumen 3 menggambarkan aktor, konteks, dan proses Kebijakan Kurikulum Merdeka. Faktor pendukung berasal dari standarisasi, kejelasan informasi, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan proses pembelajaran. Faktor penghambat terdiri dari perbedaan implementasi, sumber daya manusia, proses pembelajaran, dan dana.

English Abstract

The curriculum is a guideline in the implementation of education, so that the government will carry out repetitive innovations to make changes. These actions are intended to adapt to the times and improve education. In addition, learning loss eliminates the literacy and numeracy skills of students since Covid-19. The 2022 PISA scores decreased compared to the previous year, in three areas: math, reading, and science. Merdeka Curriculum is needed to optimize learners' competencies, The purpose of this research was conducted to find out, describe, and analyze of Merdeka Curriculum Policy Through Triangle Framework Perspective on SMA Negeri 1 Malang. In addition, this research also examines the driving and restraining factors of using the force field analysis. This research uses a qualitative approach with descriptive analysis research type. Data collection techniques are conducted through interviews, observation, and documentation which will be followed by interactive analysis using Miles, Huberman, and Saldana. The results showed that actors who are involved or not involved in the policy have an important role in supporting the Merdeka Curriculum Policy. The context in which the Merdeka Curriculum is set consists of situational factors, structural factors, and cultural factors. The process starts from problem identification, policy formulation, implementation, and evaluation. The content in the form of document 1, document 2, and document 3 describes the actors, context, and process of the Merdeka Curriculum Policy. Driving factors come from standardization, clarity information, facilities and infrastructure, human resources, and the learning process. The Restraining factors consist of differences interpretation, human resources, learning process, and funds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030049
Uncontrolled Keywords: KEBIJAKAN KURIKULUM MERDEKA, POLICY TRIANGLE FRAMEWORK, FORCE FIELD ANALYSIS-MERDEKA CURRICULUM POLICY, POLICY TRIANGLE FRAMEWORK, FORCE FIELD ANALYSIS
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 May 2024 07:37
Last Modified: 13 May 2024 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218696
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Larasati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item