Pengaruh Penggunaan Teknologi, Intellectual Capital, Dan Capital Structure Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Food And Beverages Di Indonesia

Prasdiar, Dhiya Aqila Salsabila and Nurlita Novianti, SE., MSA., Ak. (2024) Pengaruh Penggunaan Teknologi, Intellectual Capital, Dan Capital Structure Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Food And Beverages Di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh dari penggunaan teknologi yang diproksikan dengan aset tak berwujud-perangkat lunak, intellectual capital yang diproksikan dengan Value Added Intellectual Capital (VAIC), dan capital structure yang diproksikan dengan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan dan laporan auditor independen yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019-2022. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dan didapatkan sebanyak 18 perusahaan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan teknologi dan Intellectual capital (VAIC) berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan, serta Capital structure berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan food and beverages di Indonesia.

English Abstract

This study aims to explain the effect of technology use, intellectual capital, and capital structure represented by intangible asset software, Value Added Intellectual Capital (VAIC), and Debt to Equity Ratio (DER), respectively, on financial performance represented by Return on Asset (ROA). This study uses secondary data derived from the annual financial reports and independent auditor reports published by the Indonesia Stock Exchange. The population includes food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2019-2022, from which the samples of 18 companies according to predetermined criteria are selected through purposive sampling. The results of multiple linear regression analysis utilizing SPSS exhibit that technology use and Intellectual capital (VAIC) have a positive effect on financial performance, and capital structure has a negative effect on the financial performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020061
Uncontrolled Keywords: kinerja keuangan, penggunaan teknologi, modal intelektual, struktur modal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:32
Last Modified: 29 Apr 2024 03:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218676
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhiya Aqila Salsabila Prasdiar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item