Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti (Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa) untuk Meningkatkan Pendidikan Inklusif (Studi di SMPN 10 Malang)

Sari, Elsa Mulya and Bambang Supriyono, Prof., Dr., Ms and Rendra Eko Wismanu, S.AP., M.AP (2024) Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti (Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa) untuk Meningkatkan Pendidikan Inklusif (Studi di SMPN 10 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti (Belajar Menarik Bersama Siswa Istimewa) hadir sebagai solusi dalam pembelajaran inklusif siswa istimewa di sekolah reguler walaupun tanpa GPK (Guru Pembimbing Khusus). Pendekatan Jarik Ma’Siti lahir dari permasalahan ketimpangan rasio guru pendamping khusus dengan siswa istimewa (berkebutuhan khusus) yang masuk pada sekolah reguler atau non inklusi seperti SMPN 10 Kota Malang. Inovasi Jarik Ma’Siti berperan sebagai jembatan dalam mewujudkan tujuan pendidikan untuk semua (education for all), berkeadilan dan merata. Secara umum Jarik Ma’Siti bertujuan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa istimewa sehingga mampu menampilkan eksistensi diri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui pelaksanaan, faktor penghambat dan pendukung serta dampak dalam pelaksanaan Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti di SMPN 10 Malang. Fokus penelitian ini mengacu pada tipologi inovasi menggunakan teori dari Muluk (2008: 44-45), fokus ini bertujuan untuk mengetahui inovasi Jarik Ma’Siti berdasarkan jenisnya. Selain itu Fokus penelitian ada pada faktor-faktor pendukung dan penghambat serta dampak dalam pelaksanaan inovasi Jarik Ma’Siti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian pada penelitian ini adalah Kota Malang dan SMPN 10 Malang sebagai situs penelitian. Teknik pengumpulan data yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Model Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti di SMPN 10 Malang termasuk dalam tipologi inovasi metode pelayanan, produk layanan, proses pelayanan, inovasi strategi kebijakan, dan inovasi sistem; (2) Faktor-faktor yang mendukung Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti adalah kesadaran guru, dukungan kepala sekolah, orang tua siswa, komite sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, dan Pemerintah Kota Malang, sedangkan faktor penghambatnya adalah kesiapan guru, siswa, dan orang tua; dan (3) Inovasi Pembelajaran Jarik Ma’Siti memiliki dampak positif terhadap pendidikan inklusif dilihat dari aspek kurikulum, tenaga pendidik, peserta didik, lingkungan dan penyelenggaraan, dan sarana prasarana.

English Abstract

Jarik Ma'Siti Learning Innovation (Interesting Learning with Special Students) comes as a solution in inclusive learning for special students in regular schools even without GPK (Special Guidance Teacher). The Jarik Ma'Siti approach was born from the problem of inequality in the ratio of special assistant teachers to special students (with special needs) who enter regular or non-inclusive schools such as SMPN 10 Malang City. Jarik Ma'Siti innovation acts as a bridge in realizing the goals of education for all, justice and equity. In general, Jarik Ma'Siti aims to optimize the potential possessed by special students so that they are able to display self-existence. The purpose of this study was to describe and find out the implementation, inhibiting and supporting factors and the impact in the implementation of Jarik Ma'Siti Learning Innovation at SMPN 10 Malang. The focus of this research refers to the typology of innovation using the theory of Muluk (2008: 44-45), this focus aims to find out the innovation of Jarik Ma'Siti based on its type. In addition, the focus of the research is on the supporting and inhibiting factors and the impact in the implementation of Jarik Ma'Siti innovation. This research uses descriptive research using a qualitative research approach. The research location in this research is Malang City and SMPN 10 Malang as the research site. Data collection techniques that can be used in this research are interviews, observations, and documentation. The data analysis technique used in this research is the Creswell Model data analysis. The research results show that: (1) Jarik Ma'Siti Learning Innovation at SMPN 10 Malang is included in the typology of service method innovation, service product, service process, policy strategy innovation, and system innovation; (2) The factors that support Jarik Ma'Siti Learning Innovation are teacher awareness, principal support, parents, school committee, Malang City Education and Culture Office, and Malang City Government, while the inhibiting factors are the readiness of teachers, students, and parents; and (3) Jarik Ma'Siti Learning Innovation has a positive impact on inclusive education seen from the aspects of curriculum, teaching staff, students, environment and organization, and infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030045
Uncontrolled Keywords: Jarik Ma’Siti, Siswa Istimewa, Pendidikan Inklusif-Jarik Ma'Siti, Special Needs Students, Inclusive Education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 May 2024 07:36
Last Modified: 13 May 2024 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218672
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Elsa Mulya Sari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item