Kholis, Alifah Wilda Zen and Mochamad Chazienul Ulum, S.Sos, MAP and Aulia Luqman Aziz, S.S, ,S.Pd., M.Pd. (2024) Implementasi School branding untuk Membangun Citra Positif di Lembaga Pendidikan (Studi Pada SMA IT UBA Dompu, NTB). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
School branding merupakan upaya dan proses yang dibangun atas visi misi yang selaras dengan strategi organisasi, memuat nilai dan budaya orgnisasi yang mencerminkan kebutuhan dan loyalitas pelanggan yang mendalam, yaang dalam konteks pendidikan agar membentuk identitas, reputasi dan kepercayaan publik dan agar menarik pelanggan potensial mau menggunakan layanannya. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi School branding di SMA IT UBA Dompu sebagai upaya membangun citra positif lembaga pendidikan tersebut; (2) bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis terkait faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi School branding di SMA IT UBA Dompu. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif metode studi kasus yang bertujuan untuk mengkaji lebih dalam fenomena topik terkait. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa upaya implementasi school branding SMA IT UBA Dompu sudah baik, dapat dilihat dari beberapa aspek yang diteliti melalui telah terintegrasi tujuan dan visi misi sekolah sebagai rujukan proses branding melalui berbagai kegiatan yang dilakukan sekolah seperti: 1) peningkatan sumberdaya yang kompeten sebagai fungsional sekolah, 2) menyediakan sumber dana untuk memenuhi operasional pengelolaan kegiatan pendidikan di sekolah, 3) pengelolaan komunikasi yang baik oleh tim humas sekolah melalui media online, kerja sama, alumni, kunjungan langsung sekolah ke pelanggan potensial. Ditemukan juga terdapat faktor pendukung yaitu SDM yang kompeten, penggunaan sarana pendidikan yang cukup memadai, prestasi siswa, dan reputasi petinggi yayasan. Sedangkan faktor penghambat implementasi branding yaitu sistem manajerial internal yang belum optimal, sumber dana masih terbatas, kurangnya dukungan penuh orang tua dan peserta didik sebagai warga sekolah yang bertanggung jawab atas keberlangsungan lembaga pendidikan bersama.
English Abstract
School branding is an effort and process based on a vision and mission aligned with organizational strategy, encompassing organizational values and culture that reflect deep customer needs and loyalty, which in the context of education aim to shape identity, reputation and public trust and attract potential customers willing to use its services. This research aims to: (1) describe and analyze how school branding is implemented in SMA IT UBA Dompu as an effort to build a positive image of the educational institution; (2) identify and analyze supporting and hindering factors in the implementation of school branding in SMA IT UBA Dompu. The method used in this research is a qualitative approach with a case study method aimed at deeper exploration of the related topic phenomenon. Data collection techniques used include observation, interviews and documentation. The results of this study found that the efforts to implement school branding at SMA IT UBA Dompu are good, as seen from several aspects examined through the integration of school goals and vision and mission as references for the branding process through various activities carried out by the school such as: 1) improvement of competent resources as school functionaries, 2) provision of funds to meet the operational management of educational activities in the school, 3) good communication management by the school's public relations team through online media, cooperation, alumni, direct school visits to potential customers. It was also found that there are supporting factors, namely competent human resources, adequate use of educational facilities, student achievement, and reputation of foundation officials. While the inhibiting factors of branding implementation are sub-optimal internal management systems, limited funding sources, lack of full support from parents and students as school members who are jointly responsible for the sustainability of educational institutions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524030040 |
Uncontrolled Keywords: | School Branding, Citra Positif, Lembaga Pendidikan-School brandin, Positive School Image, Education Institution |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 08 May 2024 08:43 |
Last Modified: | 08 May 2024 08:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218661 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alifah Wilda Zen Kholis.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |