Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edpuzzle terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Basis Data Kelas XI di SMK Negeri 6 Malang

Pratama, Edwin Samodra and Ir.Admaja Dwi Herlambang, S.Pd., M. and Uun Hariyanti, S.Pd., M.Pd., Ph.D (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Edpuzzle terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Basis Data Kelas XI di SMK Negeri 6 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi dan perkembangan paradigma pendidikan mendorong model pembelajaran yang inovatif menjadi sangat menarik untuk diteliti. Terdapat permasalahan yang muncul disebabkan oleh model pembelajaran teacher centered learning. Diperlukan alternatif model pembelajaran dengan pendekatan student centered learning. Karena model pembelajaran berguna sebagai pendorong agar siswa mampu memahami pembelajaran. Flipped Classroom Model (FCM) merupakan model pembelajaran berpendekatan student-centered yang memungkinkan siswa dapat belajar terkait konsep tanpa bergantung pada penjelasan guru di kelas. Hasil studi terdahulu menunjukkan bahwa FCM efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penerapan FCM berpotensi memberikan dampak pada hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil mata pelajaran kelas XI Basis Data pada materi SQL Join. Tempat pengambilan data dilakukan di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian weak experimental berbentuk static-group pretest-posttest. Teknik pemilihan sampel mengikuti desain penelitian yaitu purposive sampling yang berarti pemilihan sampel mengikuti kondisi kelas yang sudah ada. Terdapat beberapa instrumen yang digunakan yaitu rencana pembelajaran, sumber belajar, soal, kuesioner, dan protokol observasi. Seluruh instrumen telah melalui proses uji validitas ahli. Berdasarkan hasil pengambilan data, hasil sampel yang didapatkan sejumlah 43 siswa terdiri dari 22 siswa dari kelompok eksperimen dan 21 siswa dari kelompok kontrol. Dilakukan analisis non parametric dengan teknik analisis Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Signed Rank. Pada penelitian ini hasil yang didapatkan yaitu penerapan FCM berpotensi memengaruhi terhadap hasil belajar dan tetapi tidak berpotensi memengaruhi motivasi belajar siswa. Hasil yang menyatakan bahwa treatment berpotensi memengaruhi hasil belajar karena siswa yang mampu melakukan active learning dalam kelompok eksperimen. Serta, hasil yang menyatakan bahwa treatment tidak berpotensi memengaruhi motivasi belajar karena terdapat variabel-variabel intervening seperti kondisi kelas, kondisi siswa, dan durasi waktu pelaksanaan. Meskipun tidak berpotensi memengaruhi, jika dilihat perolehan skor mean kelompok eksperimen memiliki selisih yang lebih besar daripada kelompok kontrol.

English Abstract

Technological advancements and the evolving paradigms in education have spurred a keen interest in innovative learning models. Issues arise due to the teacher-centered learning model, necessitating alternative approaches like student-centered learning. Learning models serve as catalysts for students to comprehend lessons effectively. The Flipped Classroom Model (FCM) is a studentcentered approach enabling students to grasp concepts without relying solely on classroom teacher explanations. Previous studies have indicated FCM's effectiveness in enhancing student learning outcomes and motivation. This study aims to ascertain whether the implementation of FCM potentially impacts student learning outcomes and motivation. It focuses on the XI grade Database subject, specifically on SQL Join, conducted at SMK Negeri 6 Malang. The research employs a weak experimental design known as static-group pretestposttest. Sample selection follows a purposive sampling method, aligning with existing class conditions. Various instruments such as lesson plans, learning resources, tests, questionnaires, and observation protocols were utilized, all validated by experts. Data collection yielded 43 participants, with 22 in the experimental group and 21 in the control group. Non-parametric analysis using Mann Whitney U Test and Wilcoxon Signed Rank was conducted. The study suggests that FCM implementation potentially influences learning outcomes but not student motivation. The findings indicate FCM's potential impact on learning outcomes due to active learning engagement within the experimental group. However, it's noted that the treatment didn't significantly affect motivation due to intervening variables like classroom conditions, student conditions, and duration of implementation. Despite lacking significant influence, the experimental group's mean score differential was notably larger than that of the control group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150270
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Learning Outcomes, Motivation, Database-Flipped Classroom, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Basis Data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 May 2024 08:24
Last Modified: 07 May 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218614
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Edwin Samodra Pratama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item