Novie, Muhafidhah and Achmad Sudiro, Prof. Dr. and Prof. Dr. Fatchur Rohman, SE., MSi.,CMA and Prof. Dr. Astrid Puspaningrum, SE., MM.,CMA, SE., MM.,CMA (2024) ”Pengaruh Orientasi Pasar Dan Modal Intelektual Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Inovasi Estetika (Studi Pada Produk Food Souvenir Di Usaha Mikro Sidoarjo Jawa Timur)”. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha Mikro Kecil merupakan generator perekonomian Indonesia. Kontribusi sektor Usaha Mikroterhadap produk domestik bruto (PDB) semakin menggeliat dalam lima tahun terakhir. Peran Usaha Mikro memiliki arti yang begitu penting bagi suatu daerah terutama sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi daerah. Salah satu jenis Usaha Mikro yang menunjang pertumbuhan perekonomian daerah adalah food souvenir. Data menunjukan pertumbuhan usaha bidang food souvenir semakin menguat di lima tahun terakhir. Perkembangan jumlah Usaha Mikro bidang food souvenir ini tidak diimbangi dengan naiknya pertumbuhan penjualan, market share, dan pertumbuhan keuntungan yang merupakan indikator dari kinerja bisnis. Hal ini menjadi pemikiran yang harus diperhatikan, dicari penyebab dan segera dicarikan solusi.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji secara empiris pengaruh signifikan orientasi pasar dan modal intelektual terhadap kinerja bisnis melalui inovasi estetika pada Usaha Mikro food souvenir di Sidoarjo dengan mengembangkan Resource Advantage Teori of Competition (RATOC). Sampel penelitian adalah pelaku usaha mikro kecil produk food souvenir di Sidoarjo, pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling, dengan cara proportional cluster simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara langsung kepada responden sebanyak 209 kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis data SEM PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orientasi pasar tidak memiliki pengaruh yang siginifikan pada kinerja bisnis Usaha Mikro food souvenir di Sidoarjo Jawa Timur. Temuan ini menekankan bahwa orientasi pasar tidak dapat berdampak langsung pada kinerja bisnis. Akan tetapi, harus dimediasi oleh faktor lain sehingga dapat mempengaruhi kinerja bisnis. Sedangkan modal intelektual dan inovasi estetika berpengruh signifikan terhadap kinerja bisnis Usaha Mikro food souvenir di Sidoarjo Jawa Timur. Selain itu, terdapat pengaruh orientasi pasar dan modal intelektual terhadap inovasi estetika Usaha Mikro food souvenir di Sidoarjo Jawa Timur.
English Abstract
Micro and Small-Sized Enterprises are the drivers of Indonesian economy. Their contribution to gross domestic product has been increasing during the last years. Their roles are instrumental for the growth of their home regions’ economy. One of the products of this type of enterprise is food souvenir. The data have shown that business in this commodity is improving. However, the growing number of micro enterprises engaged in this industry is not followed by augmentation in sales, market share, and profit, which are indicators for business performance. This issue needs attention, calls for investigation, and requires solutions. The objective of this research is to probe the significant effects of market orientation and intellectual capital on the business performance of food souvenir micro enterprises in Sidoarjo through aesthetic innovation by developing the Resource Advantage Theory of Competition (RATOC). Using probability sampling method with proportional cluster simple random sampling technique, 209 food souvenir entrepreneurs in Sidoarjo were selected as the respondents, to whom questionnaires were directly distributed for data harvesting. The data analyses were performed using SEM-PLS (Structural Equation Modeling – Partial Least Squares). This study finds that market orientation does not significantly influence the enterprises’’ business performance. This finding highlights that market orientation cannot affect business performance directly; it needs to be mediated by other factors. Furthermore, intellectual capital and aesthetic innovation significantly influence the enterprises’ business performance. In addition, market orientation and intellectual capital influence the aesthetic innovation of the food souvenir micro enterprises in Sidoarjo of East Java.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | 0624020009 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Pasar, Modal Intelektual, Kinerja Bisnis, Inovasi Estetika, Usaha Mikro |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218608 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhafidhah Novie.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |