Determinan Preferensi Keputusan Pembayaran Zakat, Infak, Dan Sedekah (Zis) Melalui Crowdfunding”.

Aulia, Defrina and Laila Masruro Pimada, SE., M.SEI. (2022) Determinan Preferensi Keputusan Pembayaran Zakat, Infak, Dan Sedekah (Zis) Melalui Crowdfunding”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia dan memiliki potensi besar pendapatan zakat, infak, sedekah, namun kenyataannya pendapatan ZIS hanya sebatas itu 5% dari potensinya. Crowdfunding dibangun untuk mendorong penerimaan ZIS untuk mencapai potensinya hanya dengan menggunakan gadget yang terhubung ke Internet. Namun tidak semua individu bersedia menggunakan crowdfunding karena alasan mereka pertimbangan dan preferensi sendiri. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi preferensi keputusan muzakki dan donatur untuk membayar zakat, infaq, dan sedekah menggunakan platform crowdfunding. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Alat analisis PLS-SEM dengan pengukuran preferensi menggunakan Teknologi Model Penerimaan dan Kerangka Teori Kehadiran Sosial. Hasil dari ini Penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan, kemudahan penggunaan yang dirasakan, kehadiran sosial dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi keputusan membayar ZIS dengan crowdfunding. Variabel kepercayaan juga memediasi hubungan tersebut secara signifikan antara kehadiran sosial dan keputusan membayar ZIS dengan crowdfunding. Ini Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi organisasi pengelola zakat (OPZ) untuk pengembangan platform yang lebih baik sehingga dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam menyalurkan dana untuk membayar ZIS.

English Abstract

Indonesia is a country with the largest Muslim population in the world and has a large potential for Zakat, infak, alms revenue, but in reality ZIS revenue is only 5% of its potential. Crowdfunding was build to encourage the acceptance of ZIS in order to reach its potential by only using gadgets that are connected to the internet. But not all individuals are willing to use crowdfunding because of their own considerations and preferences. Therefore, the purpose of this study is to identify the decision preferences of muzakki and donors to pay zakat, infaq, and alms using a crowdfunding platform. This study uses quantitative methods with PLS-SEM analysis tools with preference measurements using the Technology Acceptance Model and Social presence Theory framework. The results of this study indicate that perceived usefulness, perceived ease of use, social presence and trust have a significant positive effect on preference the decision to pay ZIS with crowdfunding. The trust variable also significantly mediates the relationship between social presence and the decision to pay ZIS with crowdfunding. This research is expected to be a consideration for zakat management organizations (OPZ) for the development of a better platform so that it can encourage community participation to channel funds to pay ZIS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020562
Uncontrolled Keywords: Zakat, Infaq, Alms giving, Online, Crowdfunding, Technology Acceptance Model (TAM), Social Presence, Trust
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:50
Last Modified: 25 Apr 2024 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218600
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DEFRINA AULIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item