Hafiza, Tahany Nydia Zafira and Anik Susanti, S.Pd., M,Si (2024) Upaya Yayasan Tebar Rezeki Karawang dalam Pemberdayaan Melalui Pendidikan Non-Formal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Yayasan Tebar Rezeki Karawang merupakan sebuah lembaga yayasan yang beroperasi di Karawang. Sebagai area industri, Karawang juga merupakan lokasi bagi banyak perusahaan internasional di Indonesia. Yayasan Tebar Rezeki Karawang memberikan upaya untuk melatih penduduk sekitar Karawang dalam memanfaatkan potensi industri yang dimiliki Kabupaten Karawang melalui pemberdayaan pendidikan non-formal gratis. Program ini diberi nama Ayo Belajar dengan Bahasa Inggris sebagai fokus utamanya. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk upaya yang dilakukan Yayasan Tebar Rezeki Karawang dalam melakukan pemberdayaan pendidikan non-formal dengan menggunakan analisis teori dari Chris Ling dan Ann Dale terkait empat jenis konsep yang dapat mengaktifkan proses agensi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif oleh Creswell. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan melibatkan informan terpilih berdasarkan kriteria spesifik yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan penelitian. Hasil penelitian ini menjelaskan seluruh upaya Yayasan Tebar Rezeki Karawang, mulai dari upaya mengidentifikasi masalah di Karawang, dilanjut dengan proses pembangunan Yayasan Tebar Rezeki Karawang, proses persiapan menjalankan program Ayo Belajar: Bahasa Inggris, hingga pelaksanaan dan dampak program. Upaya upaya tersebut kemudian diidentifikasi ke dalam empat konsep yang mempengaruhi pergerakan agensi, yakni alasan untuk bertindak, kapasitas, modal sosial, dan hambatan. Agensi terwujud ketika alasan untuk bertindak, kapasitas, dan modal sosial mampu mengatasi hambatan dalam pemberdayaan.
English Abstract
Tebar Rezeki Karawang is a foundation that operates in Karawang. As an industrial area, Karawang is also home to many international companies in Indonesia. Tebar Rezeki Karawang makes efforts to train the residents around Karawang in optimizing the industrial potential of the Karawang, through a free non-formal education program. This program is called Ayo Belajar, with English as its main focus. This research describes all forms of initiative efforts by Tebar Rezeki Karawang to empower non-formal education, using theoretical analyses from Chris Ling and Ann Dale about four types of konsepts to enacted the agency process. The methodology used in this research is qualitative with a descriptive approach by Creswell. Data collection techniques in this research include observation, in-depth interviews, and documentation. Purposive sampling techniques is used to select all of the informants. Informants selected based on specific criteria that are suitable to meet research needs. The results of this research explain all of efforts made by Tebar Rezeki Karawang, from the process of identified the problems in Karawang, followed by the development process of Tebar Rezeki Karawang, the preparation process to run the Ayo Belajar program, to the implementation and impact of the program. These efforts are then identified into four konsepts that can enable agency, including reason to act, capacity, social capital, and barrier. Agency is enabled when reasons to act, capacities, and social capitals can overcome barriers in community development.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110045 |
Uncontrolled Keywords: | Agensi, Pemberdayaan, Modal Sosial, Pendidikan Non-Formal-Agency, Empowerment, Social Capital, Non-Formal Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 May 2024 08:24 |
Last Modified: | 07 May 2024 08:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218583 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tahany Nydia Zafira Hafiza.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |