Anandya, Olga Maheswari and Anif Fatma Chawa, S.Sos.,M.Si.,Ph.D (2023) Peran Rumah Penyuluhan Kreatif Dalam Mendukung Pelaksanaan Fungsi Keluarga di Kampung Sawah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Rumah Penyuluhan Kreatif adalah Yayasan nirlaba yang memberikan bimbingan akademik dan non akademik kepada anak-anak. Yayasan ini berada di Kampung Sawah, Jalan Pinang Kalijati, wilayah Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Keberadaan Rumah Penyuluhan Kreatif terletak di pemukiman kumuh yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pemulung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran dan kendala serta tantangan yang dihadapi Rumah Penyuluhan Kreatif dalam mendukung keluarga menjalankan fungsi agama serta fungsi sosialisasi dan pendidikan di Kampung Sawah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumen. Wawancara dilakukan dengan pengelola Rumah Penyuluhan Kreatif dan orang tua dari anak yang berpartisipasi pada kegiatan di Rumah Penyuluhan Kreatif. Konsep yang digunakan pada penelitian ini yaitu lembaga keluarga, pembinaan keluarga, dan fungsi keluarga. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Struktural Fungsional milik Talcott Parsons dengan fungsi AGIL yang menjelaskan peran dari Rumah Penyuluhan Kreatif memiliki peran positif mendukung pelaksanaan fungsi keluarga, lalu peran yang dilakukan dihubungkan dengan empat fungsi AGIL, diantaranya Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsi keluarga di Kampung Sawah tidak berjalan secara optimal. Hal ini disebabkan tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, dan kesadaran orang tua terhadap pendidikan yang rendah. Kehadiran Rumah Penyuluhan Kreatif dapat memberikan kesempatan terutama bagi anak-anak yang tidak menempuh pendidikan formal, dapat menempuh pendidikannya di Rumah Penyuluhan Kreatif. Walaupun demikian, dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan peran orang tua. Saat kegiatan mendukung keluarga, Rumah Penyuluhan Kreatif dihadapi kendala dan tantangan. Kendalanya yakni ketidakpastian finansial dan donatur serta keterbatasan sumber daya manusia di Rumah Penyuluhan Kreatif, sedangkan tantangannya yaitu pandangan orang tua terhadap pendidikan, faktor lingkungan yang tidak pendukung, dan ketergantungan masyarakat akan keberadaan Rumah Penyuluhan Kreatif.
English Abstract
Rumah Penyuluhan Kreatif is a non-profit foundation that provides academic and non-academic guidance to children. The foundation is located in Kampung Sawah, Pinang Kalijati Street, in the Pondok Labu Subdistrict, Cilandak District, South Jakarta. The presence of Rumah Penyuluhan Kreatif is situated in a slum area where the majority of the community works as scavengers. The aim of this research is to analyze the role, constraints, and the challenges faced by Rumah Penyuluhan Kreatif in supporting families to fulfil their religious, socialization and educational function in Kampung Sawah. The method used in this research is qualitative with a descriptive approach. The data collection techniques employed include observation, interviews, and document analysis. Interviews were conducted with the management of Rumah Penyuluhan Kreatif and parents of children participating in its activities. The concepts used in this study are family institution, family guidance, and family functions. The theory employed in this research is Talcott Parsons Structural Functionalism with AGIL functions, which explains the positive role of Rumah Penyuluhan Kreatif in supporting family functions, linked to the four AGIL functions: Adaptation, Goal Attainment, Integration, and Latency. The findings of this research indicate that family functions in Kampung Sawah are not optimal. This is attributed to low economic levels, educational attainment, and parental awereness of education. The presence of Rumah Penyuluhan Kreatif provides opportunities, especially for children who do not receive formal education, to obtain their education at Rumah Penyuluhan Kreatif. However, parental involvement remains crucial in the implementation. Rumah Penyuluhan Kreatif faces constraints and challenges in supporting families, including financial uncertainty and limited resources, as well as parental perspectives on education, unsupportive environmental factors, and the community dependence on the existence of Rumah Penyuluhan Kreatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523110111 |
Uncontrolled Keywords: | Anak, Keluarga, Rumah Penyuluhan Kreatif (RPK).Children, Family, Rumah Penyuluhan Kreatif (RPK). |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 02:03 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218571 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Olga Maheswari Anandya.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |