Kusno and His Gang: Peran Akun Humor Di Twitter sebagai Public Pedagogy Untuk Memperkenalkan Tokoh Founding Fathers dan Sejarah Indonesia (Studi Kasus Akun Twitter @Wrongindogov)

Nisya, Nurul Fitria and Abdul Wahid, S.I.Kom, MA (2024) Kusno and His Gang: Peran Akun Humor Di Twitter sebagai Public Pedagogy Untuk Memperkenalkan Tokoh Founding Fathers dan Sejarah Indonesia (Studi Kasus Akun Twitter @Wrongindogov). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejarah sebagai pelajaran adalah hal yang penting bagi kita dipelajari, tetapi diketahui bahwa sejarah merupakan salah satu pelajaran yang jarang diminati. Hal ini dikarenakan kurangnya minat baca masyarakat Indonesia, sedangkan pelajarah sejarah seringnya membutuhkan banyak bacaan. Berangkat dari permasalahan tersebut, disadari bahwa dibutuhkannya sebuah metode atau media baru yang dapat membantu dalam pembelajaran sejarah agar lebih mudah dipelajari, salah satunya ialah penggunaan humor parodi dan meme di media sosial sebagai media pembelajaran. @wrongindogov adalah sebuah akun Twitter parodi yang banyak mengunggah konten berbentuk parodi tokoh founding fathers dan meme tentang sejarah Indonesia. @wrongindogov memiliki nilai-nilai yang dapat berfungsi sebagai public pedagogy yang bisa menjadi alternatif materi dan metode untuk mengajarkan sejarah. Penelitian ini menggunakan analisis wacana kritis sebagai pisau bedah dengan tujuan untuk membantu peneliti menjelajahi lebih dalam nilai-nilai edukasi yang disampaikan melalui humor berbentuk parodi dan meme pada akun @wrongindogov yang menjadikannya sebagai public pedagogy sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa @wrongindogov setidaknya memiliki tiga peran utama yang ditonjolkan sebagai public pedagogy. Tiga peran tersebut di antaranya sebagai pemantik untuk mempelajari sejarah melalui konten-konten humoris, up-to-date, dan mudah dipahami.Peran kedua yaitu, sebagai pelengkap Sejarah Indonesia yang memberikan pengetahuan atau trivia baru mengenai sejarah Indonesia pada masa kemerdekaan dan awal pemerintahannya, dan juga tentang para tokoh founding fathers yang kurang bersinar dalam buku sejarah formal. Peran terakhir adalah sebagai media edukasi yang bebas tanpa adanya batasan-batasan yang kerap ditemui dalam pendidikan formal Indonesia, seperti keterbatasan pada ruang dan waktu, pemikiran kritis, hingga kreativitas dalam beredukasi.

English Abstract

History as a subject is important to learn, but it's rarely favored, partly due to low reading interest in Indonesian society, while history students typically require extensive reading. Recognizing this challenge, there's a need for new methods or media to facilitate history learning, such as using parody humor and memes on social media as educational tools. @wrongindogov is a parody Twitter account uploading content mostly featuring parodies of founding fathers and memes about Indonesian history. It offers values serving as public pedagogy, an alternative material and method for teaching history. This study utilizes critical discourse analysis to delve into the educational values conveyed through parody humor and memes on @wrongindogov, shaping it as a historical public pedagogy. Findings reveal @wrongindogov's three main roles: firstly, as a catalyst for learning history through humorous, up-to-date, and easily understood content; secondly, as a supplement to Indonesian history, providing new knowledge about its independence era and early governance, as well as lesser-known founding fathers; lastly, as an educational medium free from the constraints often encountered in formal education in Indonesia, such as limitations on space, time, critical thinking, and creativity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110043
Uncontrolled Keywords: Akun humor sejarah, parodi, meme, public pedagogy-Historical humor account, parody, meme, public pedagogy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 07 May 2024 08:24
Last Modified: 07 May 2024 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218568
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurul Fitria Nisya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item