Sistem Rekomendasi Mata Kuliah Pilihan dengan Menggunakan Metode Heuristic Filtering (Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Sarjana Matematika Universitas Brawijaya Angkatan 2019-2022)

Saputra, Aditya Gofi and Syaiful Anam, S.Si., M.T., Ph.D. (2024) Sistem Rekomendasi Mata Kuliah Pilihan dengan Menggunakan Metode Heuristic Filtering (Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Sarjana Matematika Universitas Brawijaya Angkatan 2019-2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penentuan mata kuliah pilihan yang diambil oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Matematika Universitas Brawijaya menjadi permasalahan penting untuk diselesaikan. Mahasiswa sering kali mengalami kesulitan dalam menentukan mata kuliah pilihan yang sesuai minat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem rekomendasi mata kuliah pilihan bagi mahasiswa Program Studi Sarjana Matematika Universitas Brawijaya menggunakan metode heuristic filtering, serta membantu mahasiswa dalam memilih mata kuliah pilihan yang lebih efisien dan sesuai dengan minat mereka. Sistem rekomendasi dirancang untuk memberikan saran berdasarkan preferensi dan minat mahasiswa dalam menilai mata kuliah pilihan. Sistem ini menggunakan perhitungan similarity yang menggabungkan PSS similarity (ProximitySignificance-Singularity), Jaccard similarity, dan URP similarity (User-Rating-Preference). Evaluasi model menunjukkan hasil yang cukup baik dengan nilai precision sebesar 0,7252, nilai recall sebesar 0,7831, dan nilai Fl-score sebesar 0,7531. Waktu komputasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa model sistem rekomendasi memiliki tingkat efisiensi yang lebih baik dalam membantu mahasiswa menghemat waktu menentukan mata kuliah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524090041
Uncontrolled Keywords: Sistem rekomendasi, heuristic filtering, similarity, mahasiswa, mata kuliah pilihan.
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 13 May 2024 06:24
Last Modified: 13 May 2024 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218560
[thumbnail of Aditya Gofi Saputra.pdf] Text
Aditya Gofi Saputra.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aditya Gofi Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item