Strategi Persuasif Pada Konten Media Sosial Instagram Akun @pemkotmalang Sebagai Sarana Penyedia Informasi Publik

Wahyudjati, Kuncoro and Fitria Avicenna, S.Ikom., M.Sc. (2023) Strategi Persuasif Pada Konten Media Sosial Instagram Akun @pemkotmalang Sebagai Sarana Penyedia Informasi Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi proses penyelenggaraan pemerintahan, dimana pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi ini menjadi salah satu faktor untuk menciptakan good governance melalui peningkatan layanan informasi publik. Pemerintah Kota Malang menjadi salah satu lembaga pemerintah yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi lewat media sosial Instagram yang bertujuan untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat, mendorong kolaborasi massa, serta untuk menetapkan kebijakan-kebijakan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi persuasif yang digunakan pada media sosial Instagram sebagai sarana penyedia informasi publik. Penelitian ini berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data utama yakni melalui wawancara mendalam dengan pihak pengelola konten, serta melakukan observasi dan dokumentasi pada konten media sosial Instagram. Penelitian ini akan menganalisis 15 unggahan yang memiliki jumlah like & comment tertinggi pada periode waktu 1 Juli - 31 Juli 2023. Analisis dilakukan untuk melihat komponen-komponen persuasif didalam sarana informasi publik yang dihasilkan oleh Pemkot Malang pada konten tersebut. Hasil penelitian menunjukkan adanya aktualisasi konsep pada konten media sosial Instagram melalui Strategi pesan persuasif yakni asosiasi, integrasi, ganjaran, tataan, dan red-herring pada jenis konten informative, educational, dan entertaining. Pesan persuasif diimplementasikan oleh pengelola dengan berfokus pada komponen seperti keterbaruan, interaktif, bermanfaat, serta menarik. Hal ini menghasilkan pesan persuasif yang sesuai dengan prinsip-prinsip informasi yang berkualitas, seperti keakuratan meliputi informasi yang disampaikan secara lengkap serta mudah dipahami. Kemudian, ketepatan waktu meliputi informasi mengenai sebuah peristiwa yang disajikan secara up to date. Sementara, pada prinsip relevansi meliputi informasi yang disampaikan harus memuat topik yang relevan dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada prinsip terakhir, nilai ekonomis meliputi informasi yang disajikan harus dapat memberikan manfaat bagi penerima informasi.

English Abstract

The development of information and communication technology has affected the process of governance, where the utilization of information and communication technology is one of the factors to create good governance through improving public information services. The Malang City Government is one of the government agencies that utilizes information and communication technology through Instagram social media which aims to disseminate useful information, encourage mass collaboration, and to determine government policies. This research aims to find out how persuasive strategies are used on Instagram social media as a means of providing public information. This research is a descriptive qualitative type with the main data collection technique, namely through in-depth interviews with content managers, as well as conducting observations and documentation on Instagram social media content. This research will analyze 15 posts that have the highest number of likes & comments in the time period July 1 - July 31, 2023. The analysis is carried out to see the persuasive components in the means of public information produced by the City Government of Malang on the content. The results showed the actualization of concepts on Instagram social media content through persuasive message strategies namely association, integration, reward, arrangement, and red-herring in informative, educational, and entertaining content types. Persuasive messages are implemented by the manager by focusing on components such as novelty, interactive, useful, and interesting. This results in persuasive messages that are in accordance with the principles of quality information, such as accuracy, which includes information that is conveyed completely and is easy to understand. Then, timeliness includes information about an event that is presented up to date. Meanwhile, the principle of relevance includes information that is conveyed must contain relevant topics and can meet the needs of the community. In the last principle, economic value includes the information presented must be able to provide benefits to the recipient of the information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110109
Uncontrolled Keywords: Pemkot Malang, Pesan Persuasif, Informasi Publik, Media Sosial.Malang City Government, Persuasive Messages, Public Information, Social Media.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:33
Last Modified: 24 Apr 2024 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218552
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kuncoro Wahyudjati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item