Perbandingan Representasi Kecantikan dalam Iklan Wardah Renew You dan Pond’s Age Miracle (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Nada, Indah Rafika and Astrida Fitri Nuryani, STP.,M.,Si (2023) Perbandingan Representasi Kecantikan dalam Iklan Wardah Renew You dan Pond’s Age Miracle (Analisis Semiotika Roland Barthes). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan Wardah Renew You dan Pond’s Age Miracle sama-sama mendefinisikan bagaimana mitos kecantikan yang harus melekat pada wanita paruh baya. Kedua iklan tersebut mempromosikan skincare anti aging, di mana penuaan menjadi salah satu unsur yang ditakuti dan menjadi faktor permasalahan kecantikan pada wanita paruh baya. Tugas penulis di sini adalah untuk membandingkan representasi kecantikan yang ada di dalam Iklan wardah Renew You dan Pond’s Age Miracle. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif dan dilengkapi dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Teknik analisis ini digunakan untuk mengetahui representasi kecantikan melalui peta tanda Roland Barthes yang meliputi denotatif sebagai sistem pemaknaan tataran pertama, dan konotatif sebagai sistem pemaknaan tataran kedua. Representasi kecantikan dapat dilihat melalui beberapa potongan adegan Iklan Wardah Renew You dan Pond’s Age Miracle yang kemudian dianalisis dengan menggunakan peta tanda Roland barthes.

English Abstract

The Wardah Renew You and Pond's Age Miracle advertisements both define the beauty myth that middle-aged women should be attached to. Both of the advertisements promote anti-aging skincare, where aging is an element that is feared and a factor in beauty problems in middle-aged women. The writer's task here is to compare the representation of beauty in the Wardah Renew You and Pond's Age Miracle advertisements. This research uses a descriptive qualitative approach and is equipped with Roland Barthes' semiotic analysis techniques. This analysis technique is used to determine the representation of beauty through Roland Barthes' sign map which includes denotative as the first level meaning system, and connotative as the second level meaning system. The representation of beauty can be seen through several scenes of the Wardah Renew You and Pond's Age Miracle advertisements which are then analyzed using Roland Barthes' sign map.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110107
Uncontrolled Keywords: Representasi, Kecantikan, Semiotika, Konotatif, Denotatif-Representation, Beauty, Semiotics, Connotative, Denotative
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:23
Last Modified: 24 Apr 2024 07:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218548
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indah Rafika Nada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item