Aldityatama, Danendra Helga Refendita and Reza Safitri, S.Sos, M.Si, Ph.D. (2024) Pengaruh Kualitas Pesan Dan Kredibilitas Sumber Host Shopee Live Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kajian Elaboration likelihood model yang mengusung dua asumsi dalam teorinya, yaitu pemrosesan pesan oleh komunikan dengan melalui rute sentral dan rute periferal pada Live streaming Shopee Skintific Official Shop. Kualitas pesan sebagai rute sentral dan kredibilitas sumber sebagai rute periferal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari kualitas pesan dan kredibilitas sumber host Shopee Live terhadap minat beli produk skincare Skintific. Variabel (X1) adalah kualitas pesan, variabel (X2) adalah kredibilitas sumber, dan variabel (Y) adalah minat beli. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Data diperoleh dari sampel berjumlah 384 responden yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Hasil temuan pada membuktikan bahwa kualitas pesan dan kredibilitas sumber host Shopee Live memiliki pengaruh terhadap perubahan sikap konsumen, khususnya terkait minat beli produk skincare Skintific. Namun, penelitian menegaskan bahwa kualitas pesan sebagai rute sentral memiliki peran dominan yang lebih kuat dibandingkan kredibilitas sumber sebagai rute periferal dalam mempengaruhi minat beli. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan bagi praktisi pemasaran untuk meningkatkan efektivitas kampanye melalui Live streaming, dengan penekanan pada peningkatan kualitas pesan yang disampaikan oleh host.
English Abstract
This research is motivated by the Elaboration Likelihood Model, which carries two assumptions in its theory, namely message processing by communicants through the central route and peripheral route on the Shopee Skintific Official Shop's Live streaming. Message quality serves as the central route, and source credibility serves as the peripheral route. This study aims to analyze the influence of message quality and host credibility of Shopee Live on the purchase intention of Skintific skincare products. The variables (X1) are message quality, the variable (X2) is source credibility, and the variable (Y) is purchase intention. The research methodology uses a quantitative approach with a survey method. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis. Data were obtained from a sample of 384 respondents from all regions of Indonesia. The findings prove that message quality and host credibility of Shopee Live have an influence on consumer attitude change, especially regarding the purchase intention of Skintific skincare products. However, the research confirms that message quality as the central route plays a dominant role stronger than source credibility as the peripheral route in influencing purchase intention. The implications of this research provide insights for marketing practitioners to improve the effectiveness of campaigns through Live streaming, with an emphasis on enhancing the quality of messages delivered by hosts.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110034 |
Uncontrolled Keywords: | Elaboration likelihood model, kualitas pesan, kredibilitas sumber, minat beli.Elaboration likelihood model, message quality, source credibility, purchase intention. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 03 May 2024 08:19 |
Last Modified: | 03 May 2024 08:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218496 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Danendra Helga Refendita Aldityatama.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |