Pengaruh Terpaan Media Akun Instagram @worthyourvisit Terhadap Minat Berkunjung ke Coffee Shop di Jakarta

Arvia, Audrey Talulla and Diyah Ayu Amalia Avina, SE, M.Si. (2022) Pengaruh Terpaan Media Akun Instagram @worthyourvisit Terhadap Minat Berkunjung ke Coffee Shop di Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan perilaku seseorang setelah mendapatkan rangsangan (stimulus) dijelaskan pada teori S-O-R yang beranggapan bahwa manusia selalu berperilaku bukan hanya berdasarkan kehendak atau keinginan yang ada pada internal individu namun didukung dengan adanya stimulus atau rangsangan dari eksternal dengan melihat kualitas dan kuantitas isi pesan yang diterima oleh individu sebagai terpaan media. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis terpaan media pada akun Instagram @worthyourvisit terhadap minat berkunjung ke coffee shop di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksplanatif yang berusaha menghubungkan atau melihat sebab akibat antara dua atau lebih variabel yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan terpaan media sebagai variabel (X) dan minat berkunjung sebagai variabel (Y) dengan data primer pada penelitian ini diperoleh melalui melalui penyebaran kuesioner kepada followers Instagram @worthyourvisit. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa hasil R2 (koefisien determinasi) pada penelitian ini, sebesar 0.501. Artinya bahwa 50.1% variabel minat berkunjung akan dipengaruhi oleh variabel terpaan media. Sedangkan sisanya 49.9% variabel minat berkunjung akan dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dibahas oleh penelitian ini. Dengan begitu, (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

English Abstract

Changes in a person's behavior after obtaining stimuli (stimulus) are explained in the S-O-R theory which assumes that humans always behave not only based on the will or desire that exists in the individual's internals but is supported by the presence of stimulus or stimuli from the external by looking at the quality and quantity of the message content received by the individual as a media. This study aims to analyze the media exposure on @worthyourvisit Instagram account to the interest in visiting coffee shops in Jakarta. This research uses quantitative research methods with an explanatory type that seeks to connect or see causation between two or more variables to be studied. This study used media exposure as a variable (X) and visiting interest as a variable (Y) with primary data in this study obtained through the distribution of questionnaires to Instagram @worthyourvisit followers. The results of the study based on data analysis showed that the R2 result (coefficient of determination) in this study, amounted to 0.501. This means that 50.1% of the visiting interest variable will be influenced by the media-hit variable. While the remaining 49.9% of visiting interest variables will be influenced by other variables that were not discussed by this study. That way, (Ha) is accepted and (Ho) is rejected.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522110041
Uncontrolled Keywords: Teori S-O-R, Terpaan Media, Minat Berkunjung-S-O-R Theory, Media Exposure, Intention to Visit
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:39
Last Modified: 24 Apr 2024 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218493
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Audrey Talulla Arvia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item