Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Eyeshadow Pinkflash

Hadau, Anggi Wardani Putri and Wifka Rahma Syauki, S.I.Kom, M.Si. (2024) Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Eyeshadow Pinkflash. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tiktok sebagai salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna aktif terbesar di Indonesia, menjadi media yang strategis bagi pemasar untuk menjangkau konsumen secara efektif. Dengan kemudahan fitur yang ditawarkan, membuat konsumen menjadikan TikT0k sebagai sumber informasi utama. Salah satu topik konten yang paling banyak diminati di platform TikTok adalah topik terkait kecantikan. Hal ini memunculkan konten-konten promosi yang dilakukan oleh berbagai brand kosmetik, salah satunya adalah Pinkflash. Pinkflash merupakan brand kosmetik yang memiliki engagement tinggi di TikTok, dimana banyak konten yang memuat infonnasi terkait Pinkflash berhasil viral dan masuk ke FYP pengguna. Penelitian ini merupakan studi untuk mengetahui bagaimana konten TikT0k menjadi sumber pencarian informasi dalam proses pengambilan kepurusan pembelian eyeshadow Pinkflash. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data bempa in-depth interview yang melibatkan empat infonnan. lnfonnan dipilih sesuai dengan kriteria, yaitu perempuan dewasa awal yang menggunakan TikTok sebagai sumber infonnasi dan pernah membeli semi menggunakan produk eyeshadow Pinkflash. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa konten TikT0k sebagai sumber pencarian informasi berhasil membentuk perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian eyeshadow Pinkflash. Konten TikT0k dijadikan sebagai sumber informasi utama yang digunakan infonnan dalam mencari dan mempelajari produk sebelum melakukan pembelian. Hal ini dikarenakan konten TikT0k bisa memberikan banyak informasi sekaligms hanya dengan satu video singkat. Selain itu, TikT0k memudahkan informan untuk terpapar informasi melalui FYP. Pengguna juga bisa menemukan banyak video hanya dengan mencari satu keyword terkait. Jenis konten beragam juga memudahkan pengguna untuk membandingkan informasi produk

English Abstract

Tiktok, as one of the social media platfonns with the largest number of active users in Indonesia, is a strategic medium for marketers to reach consumers effectively. With the convenience of the features offered, consumers make TikTok their main source of information. One of the most popular content topics on the TikTok platform is beauty-related topics. This gives rise to promotional content carried out by various cosmetic brands, one of which is Pinkflash. Pinkflash is a cosmetics brand that has high engagement on TikTok, where a lot of content containing information related to Pinkflash has gone viral and entered users‘ FYP. This research is a study to find out how TikTok content becomes a source of information search in the decision making process to purchase Pinkflash eyeshadow. To answer this problem, this research uses a qualitative descriptive research method with data collection techniques in the form of in-depth interviews involving four informants. Infonnants were selected according to the criteria, namely early adult women who used TikTok as a source of information and had purchased and used Pinkflash eyeshadow products. Through this research, it was found that TikTok content as a source of information search succeeded in shaping consumer behavior in making decisions to purchase Pinkflash eyeshadow. TikTok content is used as the main source of infonnation used by informants to search for and study products before making a purchase. This is because TikTok content can provide a lot of infonnation at once with just one short video. Apart from that, TikTok makes it easier for infomnants to be exposed to information through FYP. Users can also find many videos just by searching for one related keyword. Diverse content types also make it easier for users to compare product information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110032
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen, keputusan pembelian, TikTok, AIDA Model, eyeshadow Pinkflash-consumer behavior, purchasing decisions, TikTok, AIDA Model, Pinkflash eyeshadow
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 03 May 2024 08:19
Last Modified: 03 May 2024 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218490
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggi Wardani Putri Hadau.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item