“Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kinerja Peternak Kambing Di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri”

Irsan, Naufal Adinar and Dr. Siti Azizah, S.Pt., M.Sos., M.Commun. (2023) “Pengaruh Modal Sosial Terhadap Kinerja Peternak Kambing Di Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sub sektor peternakan merupakan penghasil utama protein hewani seperti susu, telur, dan daging yang merupakan pelopor dalam pemenuhan gizi masyarakat salah satu komoditi peternakan yang memberikan peran yang besar di dalam negeri yaitu peternakan kambing. Kambing merupakan salah satu komoditi yang paling banyak dijadikan usaha ternak karena berbagai kelebihannya yaitu tubuh nya yang relatif kecil, cepat mencapai dewasa, dan mudah cara pemeliharaannya. Modal sosial menjadi landasan yang sangat berpengaruh bagi peternak kambing karena dalam kesehariannya pun peternak kambing dalam melakukan seluruh aktivitas untuk pengembangan ternaknya selalu melakukan interaksi sosial dengan memanfaatkan modal sosial karena di dalam modal sosial berisi komponen-komponen utama dalam berinteraksi yaitu norma (Norm), jaringan (network), kepercayaan (trust), dan ketika tiga komponen tersebut telah terjadi maka akan adanya hubungan timbal balik (reciprocity) antar peternak yang nantinya akan berpengaruh terhadap keberhasilan peternak. Desa Besowo merupakan Desa yang berada pada wilayah kabupaten kediri yang memiliki potensi pada sumber peternakan dan pertanian untuk sektor peternakan terdapat dua komoditi yang masyarakat Desa Besowo kembangkan yaitu komoditi kambing dan sapi yang memiliki potensi dikarenakan terdapat kawasan cagar alam Besowo yang memiliki beberapa jenis tanaman langka selain itu dari segi budaya pun Desa Besowo memiliki berbagai macam peninggalan budaya seperti pure dan makam sesepuh dilihat dari hal tersebut dirasa Desa Besowo memiliki pola sosial yang baik yang menjadikan Desa Besowo penting untuk diteliti terkait modal sosialnya. Penelitian mengenai pengaruh modal sosial terhadap kinerja peternak kambing bertujuan untuk menggambarkan karakteristik modal sosial (Trust, Norm, Network, Reciprocity) peternak kambing di kawasan Desa besowo dengan mengidentifikasi tingkat modal sosial peternak di Desa Besowo kecamatan Kepung pada kinerja peternakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Random Sampling yaitu menetapkan sampel awal secara acak kemudian sampel selanjutnya dipilih secara sistematis berdasarkan pola tertentu untuk menentukan Responden penelitian digunakan rumus slovin didapatkan sebanyak 82 responden yang dibutuhkan yang tersebar diseluruh dusun yang ada di Desa Besowo penelitian ini dilaksanakan pada 1-28 september 2023. Hasil penelitian ini menunjukan Modal sosial memiliki peranan penting pada peternakan rakyat yang dengan memanfaatkan pola sosial masyarakat yang terjadi. Hasil persamaan regresi berganda Y = -2.885+ 0.467 + 0.516 + 0.455 + 0.297 dengan hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R square 0,537 sehingga dapat disimpulkan 53,7% bahwa modal sosial mempengaruhi kinerja peternak kambing Dan hasil f hitung yang diperoleh adalah 22.3 dan nilai F Tabel dengan signifikansi 0.05 adalah 2,47. Hal ini berarti bahwa F hitung > F tabel.

English Abstract

The livestock subsector is the main producer of animal protein, such as milk, eggs, and meat, playing a crucial role in meeting the nutritional needs of the community. One of the key livestock commodities domestically is goat farming. Goats are widely chosen for livestock farming due to their relatively small size, rapid maturity, and ease of care. Social capital serves as a fundamental foundation for goat farmers, as they engage in daily activities related to livestock development through social interactions. Social capital encompasses essential components of interaction, including norms, networks, trust, and reciprocal relationships among farmers, ultimately influencing their success.Research on the impact of social capital on the performance of goat farmers aims to illustrate the characteristics of social capital (Trust, Norm, Network, Reciprocity) among goat farmers in the Besowo village area. This involves identifying the level of social capital among farmers in the Besowo village, Kepung district, and its impact on the performance of goat farming. The research adopts the Systematic Random Sampling method, selecting an initial random sample and subsequently choosing samples systematically based on a specific pattern to determine the respondents. Using the Slovin formula, a total of 82 respondents were identified across all hamlets in Besowo village, with the research conducted from September 1-28, 2023.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Social capital, goat farmer, performance, norm, network, trust, reciprocity., Modal sosial, Peternak kambing, kinerja, norma, hubungan timbal balik, jaringan, kepercayaan
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 May 2024 04:36
Last Modified: 08 May 2024 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218482
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Naufal Adinar Irsan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item