“Estimasi Bobot Badan Menggunakan Pengukuran Statistik Vital Pada Beberapa Kelompok Umur Domba Dorper Jantan Persilangan dan Full Blood di Barokah Farm Kediri ”.

Hidayat, Muhammad Yusuf Nur and Dr. Irida Novianti, S.Pt., M.Agr. Sc (2024) “Estimasi Bobot Badan Menggunakan Pengukuran Statistik Vital Pada Beberapa Kelompok Umur Domba Dorper Jantan Persilangan dan Full Blood di Barokah Farm Kediri ”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Domba Dorper merupakan salah satu domba komposit tipe pedaging yang mulai banyak dibudidayakan di Indonesia, karena keunggulannya yaitu potensi pertambahan bobot badannya yang cukup tinggi, pemeliharaanya yang mudah dan memiliki tingkat adaptasi yang tinggi serta tidak selektif terhadap pakan yang diberikan . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bobot badan dengan ukuran statistik vital (lingkar dada, panjang badan, dan tinggi badan) di peternakan “Barokah Farm” Kediri. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk estimasi bobot badan domba dorper jantan berdasarkan ukuran statistik vitalnya (lingkar dada, panjang badan, dan tinggi badan) Materi yanag digunakan dalam penelitian ini adalah domba Dorper jantan sebanyak 89 ekor yang terbagi menjadi empat kelompok berdasarkan kelompok umurnya dilihat dari permanent incisors. Metode yang digunaka dalm penelitian ini yaitu survei kemudian dialkukan pengukuran ukuran statistik vital dan penimbangan bobot badan aktual. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkar dada, panjang badan, dan tinggi badan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah bobot badan. Data dari hasil penelitian ini diolah menggunakan analisis korelasi dan regresi linear sederhana Hasil penelitian ini menunjuukan bahwa ketiga ukuran statistik vital yaitu lingkar dada, panjang badan, dan tinggi badan memiliki pengaruh signifikan yang sangat nyata terhadap bobot badan domba Dorper jantan di rentang kelompok umur PI0 – PI6. Pada kelompok umur dorper jantan persilangan PI0 nilai koefisien korelasi lingkar dada, panjang badan, dan tinggi badan yaitu (0,88; 0,82; 0,69), dan dorper jantan full blood PI2 (0,91; 0,84; 0,74). Koefisien determinasi tertinggi terdapat di kelompok umur PI4 yaitu pada lingkar dada, dan panjang badan sebesar (87,09% ; 74,33%). Penurunan baik nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasi lingkar dada dan panjang badam terjadi pada kelompok umu PI6 yaitu (0,92; 0,82) dan (84,42% ; 67,66%). Nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasai lingkar dada merupakan yang tertinggi di berbagai kelompok umur Kesimpulan penelitian ini lingkar dada lebih akurat untuk menduga bobot badan domba dorper di berbagai kelompok umur dibanding dengan panjang badan, dan tinggi badan. berdasarkan nilai koefisien korelasi, koefisien determinasi dan persentase penyimpanagan lingkar dadan lebih mampu untuk merepresentasikan bobot badan aktual.

English Abstract

This research pupose was to determine the relation between the body weight with a vital statistic of Dorper sheep at “Barokah Farm” Kediri. Eighty nine of dorper sheep divided by age group, there are dorper cross 28 PI0, dorper full blood 25 PI2, 20 PI4, 16 PI6. Ther research method used as were survey, direct measurement and weighing actual body weight at the field. Observed independent variable were chest girth, bodfy length, and body height. Dependent variable were body weight. Relation between vital statistic and body weight was calculated by using correlation and linier regression analyze. The results showed that chest girth has the highest correlation with the body weight in all age group. The highest correlation chest girth was in PI2 (0,93) and coefficient of determination was 87,09% with regression models Y = 0,98 X – 25,53. So, it can be concluded the result can be used as a good predictor of body weight using that regression function and gave small deviation from the actual body weight about 2,08%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050243
Uncontrolled Keywords: Dorper sheep, age, body weight, chest girth, body length, body height
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:01
Last Modified: 23 Apr 2024 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218426
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Yusuf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item