Representasi Seksualitas Perempuan pada Periklanan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Kritis terhadap Tren Femvertising)

Nabiha, Syahira Adristi and Dr. Desi Dwi Prianti, S.Sos., M.Comn (2023) Representasi Seksualitas Perempuan pada Periklanan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Kritis terhadap Tren Femvertising). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pergeseran representasi perempuan dalam periklanan dapat terlihat dengan tren femvertising. Perempuan yang dahulu direpresentasikan sebagai objek seksual yang pasif kini ditampilkan secara lebih aktif dan berkuasa akan seksualitasnya. Meski pergeseran representasi ini dianggap memberdayakan, tendensi brand untuk melakukan feminisme komoditas dan menciptakan hegemoni diskriminatif baru membuat pentingnya evaluasi praktik femvertising. Penelitian ini kemudian menganalisis secara kritis konten periklanan Instagram lima brand feminine-care asal Indonesia yang mengimplementasi femvertising dan secara gamblang menampilkan aspek seksualitas perempuan dalam periklanannya. Dalam analisisnya, penelitian menemukan adanya paradoks pemberdayaan dalam periklanan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peneguhan hegemoni patriarki, hegemoni Barat, terciptanya regulasi baru pada perempuan, serta fenomena feminisme komoditas dalam konten periklanan yang dianalisis.

English Abstract

A shift in the representation of women in advertising can be seen with the femvertising trend. Women, who were previously represented as passive sexual objects are now shown in a more active manner and sexually empowered. Although this shift in representation can be considered empowering, the tendency of brands to commodify feminism and create new discriminative hegemony makes it important to evaluate femvertising practices. This research aim to critically analysed the Instagram advertising content of five feminine-care brands from Indonesia which implement femvertising and display aspects of female sexuality in their advertising. In the advertising content analysed, the research then found an empowerment paradox, which is proven by the confirmation of patriarchal hegemony, Western hegemony, the creation of new regulations on women's bodies, and the phenomenon of commodity feminism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523110099
Uncontrolled Keywords: Femvertising, Sexual Subjectification, Feminisme Komoditas.Femvertising, Sexual Subjectification, Commodity Feminism.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:45
Last Modified: 22 Apr 2024 03:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218374
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Syahira Adristi Nabiha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item