Pribadi, Salma Oceania Veendam and Reza Safitri, S.Sos., M.Si., Ph.D. (2023) Pemaknaan Khalayak Terhadap Standar Kecantikan Laki-Laki (Studi Reception Analysis pada Marshel Widianto Sebagai Brand Ambassador dalam Iklan #semuajugabisa MS Glow for Men di nstagram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Postingan iklan #semuajugabisa MS Glow for Men di instagram menampilkan sebuah konsep standar kecantikan laki-laki yang berbeda dengan memilih Marshel Widianto sebagai brand ambassador mereka. Marshel Widianto dikenal sebagai komika terkenal di Indonesia yang terlihat memiliki kulit sawo matang, bertubuh gemuk, dan berambut ikal. Pemilihan tersebut terlihat berbeda dengan standar kecantikan pada model laki-laki dalam iklan yang kemudian mendatangkan tanggapan pro dan kontra di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak terhadap standar kecantikan laki-laki melalui pemilihan Marshel Widianto sebagai brand ambassador dalam iklan #semuajugabisa MS Glow for Men di instagram. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode penelitian reception analysis dengan menggunakan teknik analisis data Jensen yang terdiri dari data collecting, data analysis, dan data interpretation. Pengumpulan data dilakukan dengan FGD (Focus Group Discussion) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa informan mempunyai pemaknaan yang berbeda-beda dan turut dipengaruhi oleh latar belakang personal tiap informan. Pemaknaan kelima informan diklasifikasikan ke dalam three hypothetical positions Stuart Hall. Tiga informan berada di posisi dominant-hegemonic reading yang menerima sepenuhnya wacana dominan. Lalu, dua informan lainnya berada di posisi negotiated reading yang menerima sebagian wacana dominan dan mempunyai pandangan lain untuk dipertimbangkan. Kelima informan memandang bahwa pemilihan Marshel Widianto sebagai brand ambassador dalam iklan #semuajugabisa MS Glow for Men merupakan sebuah gebrakan baru terkait standar kecantikan pada laki-laki yang biasa ditampilkan oleh media.
English Abstract
MS Glow for Men #semuajugabisa advertising post on Instagram displays a different concept of male beauty standards by choosing Marshel Widianto as their brand ambassador. Marshel Widianto is known as a famous comedian in Indonesia who appears to have brown skin, a fat body, and curly hair. This selection looks different from the beauty standards for male models in advertisements which then elicits pros and cons responses in society. This research aims to find out the public's meaning of male beauty standards through the selection of Marshel Widianto as brand ambassador in the ad of MS Glow for Men #semuajugabisa on Instagram. This qualitative research uses reception analysis method with Jensen data analysis techniques consisting of data collecting, data analysis, and data interpretation. Data collection was carried out with FGD (Focus Group Discussion) and documentation. The results of the research show that informants have different meanings and are also influenced by the personal background of each informant. The meanings of the five informants were classified into three hypothetical positions Stuart Hall. Three informants were in position of dominant-hegemonic reading who fully accepted the dominant discourse. Then, two other informants were in position negotiated reading who accept some dominant discourses and have other views to consider. The five informants viewed that the selection of Marshel Widianto as brand ambassador in the MS Glow for Men advertisement #semuajugabisa was a new breakthrough regarding male beauty standards that are usually displayed by the media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523110094 |
Uncontrolled Keywords: | Standar Kecantikan Laki-Laki, Marshel Widianto, Iklan, Analisis Resepsi-Male Beauty Standards, Marshel Widianto, Advertisement, Reception Analysis |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 02:46 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 02:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218357 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Salma Oceania Veendam Pribadi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |