Analisis Semiotika Terkait Representasi Bertahan Hidup Masyarakat di Perkotaan (Semiotika Roland Barthes pada Iklan Grab Indonesia #Percaya)

Atha, Rizka Zahrina and Dr. Mondry, SP., M.Sos (2024) Analisis Semiotika Terkait Representasi Bertahan Hidup Masyarakat di Perkotaan (Semiotika Roland Barthes pada Iklan Grab Indonesia #Percaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu representasi bertahan hidup masyarakat perkotaan dengan menganalisis tanda yang terdapat dalam Iklan Grab Indonesia #Percaya. Dengan sumber data utama kata-kata dan tindakan dalam iklan serta data tambahan berupa sumber tertulis, peneliti memfokuskan penelitian dengan analisis pada karakter, kostum, dan setting dalam iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tanda-tanda dalam iklan dan menganalisisinya menggunakan semiotika Roland Barthes untuk menemukan makna denotatif, makna konotatif, dan mitos dalam setiap tanda. Selain itu, peneliti juga ingin menemukan bagaimana media iklan bekerja dalam merepresentasikan isu sosial melalui tanda. Penelitian dilakukan dengan two order of significations dengan dibantu tabel storyboard yang memuat unsur-unsur sinematografi sehingga menghasilkan data yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, peneliti menemukan adanya tiga alur cerita utama dengan tiga karakter utamanya. Tanda-tanda dalam iklan memiliki makna denotatif dan makna konotatif, tetapi tidak semua tanda memiliki makna mitos. Ketiga makna ini berkaitan dengan konstruksi sosial yang ada di masyarakat. Representasi yang dilakukan memuat adanya berbagai profesi masyarakat perkotaan di sektor informal sebagai cara bertahan hidup seperti pekerja serabutan, ibu rumah tangga yang bekerja, wirausaha, dan lain-lain. Hal ini melahirkan sistem kerja harian, peran ganda perempuan, dan menigkatkan informalitas. Media iklan bekerja merepresentasikan isu sosial melalui tanda yang merupakan hasil dari konstruksi sosial dengan melibatkan kepercayaan masyarakat. PT Grab Indonesia memanfaatkan mitos “percaya” untuk dikemas dalam iklan yang unik dan menarik perhatian khalayak.

English Abstract

This research raises issue of representing the survival of urban communities by analyzing the signs contained in the Grab Indonesia #Percaya advertisement. The source of primary datas are words and actions in the advertisement and secondary data obtained from literature sources. Researcher focuses on analyzing the characters, costumes, settings in the advertisement. This research aims to find signs in advertisements and analyze them with Roland Barthes’ semiotics analysis approach to find denotative, connotative, and mythical meaning in each sign. In addition, researcher also wants to find how advertising media works in representing social issues through signs. The research was conducted with two orders of significations with the help of a storyboard table that contains cinematographic elements to produce descriptive data. Based on the results, researcher found three main storylines with three main characters. The signs in the advertisement have denotative and connotative meaning, but not all signs have mythical meaning. These three meanings are related to the social construction that exists in society. The representation contains various professions of urban society in informal sector as a way of survival such as odd-job workers, working housewives, entrepreneurs, and others. This creates a daily work system, women's double roles, and increased infromality. Advertising media works to represent social issues through signs that are the result of social construction by involving public trust. PT Grab Indonesia utilizes the myth of "trust" to be included in a unique advertisement and attract the attention of the audience.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110026
Uncontrolled Keywords: Representasi, Cara Bertahan Hidup Masyarakat, Iklan, Tanda, Semiotika-Representation, Community Survival, Advertisement, Sign, Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 02 May 2024 07:50
Last Modified: 02 May 2024 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218341
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizka Zahrina Atha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item