“Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung Madu di Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Magetan, Jawa Timur”

Hermawan, Dito Puguh and Prof. Dr. Ir. Gatot Ciptadi, DESS., IPU., ASEAN Eng. (2024) “Pemberdayaan dan Pengembangan Kampung Madu di Desa Jabung, Kecamatan Panekan, Magetan, Jawa Timur”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Black Soldier Fly adalah serangga yang umum ditemui di daerah tropis dan tidak berperan dalam peyebaran penyakit tertentu. Serangga ini kaya akan protein dan memenuhi syarat sebagai pakan ternak. Pertumbuhan dan perkembangan prepupa Black Soldier Fly perlu didukung oleh media pembiakan yang berkualitas dan kondisi optimal, seperti pengembangan prepupa BSF di media biak pakan lele dalam keadaan gelap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran panjang, lebar, dan bobot prepupa Black Soldier Fly (Hermetia illucens) yang dikembangkan di media biak pakan lele dalam kondisi gelap. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi tentang ukuran panjang, lebar dan bobot prepupa maggot (Hermetia illucens) yang dikembangkan di media biak pakan lele pada kondisi gelap, untuk kepentingan masyarakat umum. Materi penelitian ini adalah prepupa Black Soldier Fly. Metode penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus melalui observasi dan pengukuran langsung pada 100 ekor prepupa BSF yang dikembangkan di media biak pakan lele dalam kondisi gelap. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif , yang menampilkan data maksimum, minimum, rata-rata dan standar deviasi pada panjang, lebar, dan bobot prepupa BSF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata panjang prepupa sebesar 1,87 ± 0,132 cm ; lebar sebesar 0,48 ± 0, 047 cm dan bobot sebesar 0,16 ± 0,028 g. Disarankan agar media pembiakan larva maggot BSF menggunakan wadah yang lebih luas. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan populasi.

English Abstract

The aim of this research is to determine the length, width, and weight of the prepupa of the Black Soldier Fly (Hermetia illucens) cultivated in catfish feed culture under dark conditions. The study was conducted at Animal Reproduction Laboratory, Faculty of Animal Science, Brawijaya University, from February to March 2023. The material used in this research were black soldier fly prepupa, catfish pellets, and water. The data were analyzed by descriptive statistics. The results showed that the prepupa cultivated in catfish feed culture under dark conditions produced an average length of 1.87 ± 0.132 cm, width of 0.48 ± 0.047cm, and weight of 0.16 ± 0.028 g. Based on this research, it is suggested that the breeding media for BSF maggot larvae use larger containers to prevent population accumulation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050199
Uncontrolled Keywords: Black Soldier Fly, catfish pellets, dark conditions, prepupa, length, weight, width
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 07 May 2024 05:00
Last Modified: 07 May 2024 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218338
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DITO PUGUH HERMAWAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item