Manajemen Pemeliharaan Ayam Petelur Dan Pengolahan Pakan Ruminansia di BBPP Batu, Jawa Timur”

Maritsha, Dinda Putri and Eko Nugroho, S.Pt, M.Sc., PhD. (2024) Manajemen Pemeliharaan Ayam Petelur Dan Pengolahan Pakan Ruminansia di BBPP Batu, Jawa Timur”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abon telur merupakan olahan dengan bahan utama pembuatannya yakni telur segar dan diolah serupa dengan tekstur abon dengan diberi bumbu. Abon telur terbuat dari telur ayam segar, kelapa parut, minyak, bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, daun salam dan serai. Namun kebanyakan abon yang beredar memiliki rasa yang dominan asin, sehingga perlu adanya penambahan gula merah untuk memberikan rasa dan aroma yang maksimal pada abon telur. Penambahan gula merah akan memberikan rasa dan aroma yang khas, sehingga tidak dapat digantikan oleh gula pasir aroma dan rasa yang khas akan memperbaiki aroma dari makanan atau minuman tersebut untuk dapat meningkatkan tingkat kesukaan panelis. Penambahan gula merah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari abon telur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui presentase penambahan gula merah terbaik pada kualitas abon telur ditinjau dari kadar lemak, kadar protein, aktivitas air dan serat. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah abon telur yang dibuat dari telur ayam segar, kelapa parut, minyak, bawang merah, bawang putih, ketumbar, garam, daun salam, serai dan penambahan gula merah dengan persentase yang berbeda di setiap perlakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan dengan tanpa penambahan gula merah sebagai kontrol, 5%, 10% dan 15% penambahan gula merah. Variabel yang diamati pada penelitian ini adalah kadar protein, kadar lemak, aktivitas air dan serat. Dari data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan jika terdapat perbedaan yang nyata atau sangat nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan gula merah memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar protein, kadar lemak, aktivitas air dan serat. Nilai rata-rata kadar protein 19,54 – 22,81% , kadar lemak 12,68 – 14,88%, serat 1,27 – 2,17 dan aktivitas air 0,66 – 0,70. Dapat disimpulkan bahwa penambahan gula merah sebesar 15% menghasilkan abon telur terbaik berdasarkan kadar protein sebesar 22,81%, kadar lemak 14,88%, serat 2,17% dan aktivitas air 0,70.

English Abstract

Brown sugar is used as a natural sweetener in shredded egg. Brown sugar has lower calories than granulated sugar. The objective of this research was to determine the best percentage of adding brown sugar appropriate for the best shredded quality based on protein, fat, Aw and fiber content. The ingredients used are fresh chicken eggs, grated coconut, oil, shallots, garlic, coriander, salt, bay leaves and lemongrass. The method used was a laboratory experiment with a Completely Randomized Design (CRD) with 4 treatments and 4 replications with no addition of brown sugar as a control, 5%, 10% and 15% addition of brown sugar. The variables measured are protein content, fat content, Aw and fiber content. The data will be analyzed using a variety of ANOVA using a Completely Randomized Design (CRD), if there are differences in the effects of the treatments, the Duncan Multiple Range Test (DMRT) will continue. The research results showed that the addition of brown sugar had a very significant effect (P<0.01) on protein content, fat content, Aw value and crude fiber. The average value for protein content is 19.54 – 22.81%, fat content 12.68 – 14.88%, crude fiber 1.27 – 2.17% and Aw value 0.66 – 0.70. It can be concluded that adding 15% brown sugar produces the best egg floss results based on protein content, fat content, crude fiber and Aw.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050197
Uncontrolled Keywords: Shredded egg, brown sugar, sweeteners
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 08 May 2024 04:33
Last Modified: 08 May 2024 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218332
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DINDA PUTRI MARITSHA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item