Ardiyanti, Nabillah Putri and Ratnaningsih Damayanti, S.IP., M.Ec.Dev (2024) Analisis Transformasi City Branding Land Of Kings Dalam Perspektif City Brand Identity Prism Di Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dorongan perkembangan zaman dan penegasan identitas daerah memberikan spirit bagi Kabupaten Blitar untuk melakukan rebranding daerah berdasarkan potensi pariwisata yang dimilikinya. Kabupaten Blitar melakukan rebranding menjadi Land of Kings dikarenakan perlunya penajaman dari branding sebelumnya dan untuk memperkuat citra Kabupaten Blitar sekaligus branding pariwisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rebranding Kabupaten Blitar yang baru yaitu, Land of Kings dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan adalah Brand Identity Prism milik Kapferer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Blitar berbasis sejarah dan budaya. Land of Kings merupakan penegasan dari rebranding yang sebelumnya yaitu Amazing Blitar. Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Blitar ingin menyampaikan penegasan identitas daerahnya dalam kontur tanah Blitar yang spesial. Jejak rekam sejarah menjadi bukti dan pondasi kuat Pemerintah Kabupaten Blitar melakukan rebranding. Nilai-nilai ketokohan dan kepemimpinan menjadi hal yang ingin ditonjolkan Kabupaten Blitar melalui bentuk branding pariwisata. Land of Kings sendiri mengandung filosofi yang sangat mendalam dan lebih dari sekedar "Tanah Para Raja". Dalam keenam indikator, dapat peneliti analisis bahwa pemerintah mendapatkan tantangan untuk memperbaiki pengelolaan fisik kota dan memasifkan penekanan Land of Kings sendiri kepada masyarakatnya dan kepada pengunjung luar daerah. City branding Land of Kings diharapkan menjadi dorongan dan semangat baru bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Blitar dalam menghantarkan daerahnya menuju puncak kesuksesan.
English Abstract
The encouragement of the times and the affirmation of regional identity provide the spirit for Blitar Regency to rebrand the region based on its tourism potential. Blitar Regency rebranded as Land of Kings due to the need for sharpening of the previous branding and to strengthen the image of Blitar Regency as well as its tourism branding. This study aims to analyze the new Blitar Regency rebranding, Land of Kings, using descriptive qualitative research methods. The theory used is Kapferer's Brand Identity Prism. The results of this study indicate that the rebranding carried out by the Blitar Regency Government is based on history and culture. Land of Kings is an affirmation of the previous rebranding, namely Amazing Blitar. The Blitar Regency Government through the Blitar Regency Culture and Tourism Office wants to convey the affirmation of its regional identity in the special contours of Blitar land. The historical record is evidence and a strong foundation for the Blitar Regency Government to rebrand. The values of kingship and leadership are what Blitar Regency wants to highlight through the form of tourism branding. Land of Kings itself contains a very deep philosophy and is more than just "Land of Kings". In the six indicators, researchers can analyze that the government is challenged to improve the physical management of the city and to emphasize the Land of Kings itself to its people and to visitors outside the region. City branding Land of Kings is expected to be a new impetus and enthusiasm for the people and government of Blitar Regency in delivering the region to the peak of success.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110020 |
Uncontrolled Keywords: | Rebranding, City Branding, Land of Kings, Kabupaten Blitar, dan Pariwisata-Rebranding, City Branding, Land of Kings, Blitar Regency, and Tourism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 02 May 2024 04:26 |
Last Modified: | 02 May 2024 04:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218327 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabillah Putri Ardiyanti.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |