Karakteristik Permen Sus dengan Penambahan Gula Merah ditinjau dari pH, Total Asam, Rendemen, dan Total Plate Count

Tiarani, Aisna Rahma and Dr. Ir. Herly Evanuarini, S.Pt., MP, (2024) Karakteristik Permen Sus dengan Penambahan Gula Merah ditinjau dari pH, Total Asam, Rendemen, dan Total Plate Count. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan perishable food atau mudah mengalami kerusakan. Susu normal mempunyai kandungan protein (3,50%), mineral (0,07%), air (87,20%), laktosa (4,90%), dan lemak (3,70%). Susu perlu penanganan, dikarenakan susu tergolong bahan pangan yang mudah rusak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase penambahan gula merah pada permen susu ditinjau dari pH, total asam, rendemen, dan TPC. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2023 sampai 24 September 2023. Pengujian variabel permen susu meliputi, pH, total asam, rendemen, dan Total Plate Count dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Universitas Brawijaya. Materi dalam penelitian ini adalah permen susu yang dibuat dari susu, agar-agar, dan penambahan gula merah. Metode penelitian ini menggunakan metode percobaan laboratorium dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 4 ulangan.

English Abstract

Brown sugar is used as a natural sweetener in milk candy. Brown sugar has lower calories than granulated sugar. The purpose of this study was to determine the best percentage of brown sugar in milk candy based on pH, total acid, yield and total plate count. The material used were milk, brown sugar, jelly and margarine. The research method used was a laboratory experiment using a completely randomized design with 4 treatments and 4 replications.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524050174
Uncontrolled Keywords: milk, brown sugar, milk candy, sweeteners
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 03 May 2024 06:03
Last Modified: 03 May 2024 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218269
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisna Rahma Tiarani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item