Dinab, Dinar Azhara Septia Maharani and Novy Setia Yunas, S. IP., M. IP (2023) Implementasi E-Government Melalui Aplikasi Selesai Dalam Genggaman (SALAMAN) Pada Disdukcapil Kota Bandung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana implementasi e-government pada aplikasi SALAMAN (Selesai Dalam Genggaman) sebagai pelayanan publik di Kota Bandung. Berdasarkan data Agregat Semester 1 Tahun 2023 mengenai kepemilikan dokumen kependudukan salah satunya yakni Kartu Identitas Anak di Kota Bandung hanya mencapai 32,23% sehingga didapatkan hasil bahwa masih banyak yang mengabaikan terkait pentingnya administrasi kependudukan. Menurut data yang dimiliki oleh Disdukcapil Kota Bandung terdapat perbandingan signifikan antara jumlah penduduk Kota Bandung usia produktif yakni 1.769.123 dengan jumlah pengguna aplikasi SALAMAN sebanyak 271.007 pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis konsep pengembangan egovernment menurut Indrajit yang terdiri dari tiga indikator yakni support, capacity, dan value. Partisipasi atau keterlibatan masyarakat terhadap program aplikasi SALAMAN masih sangat minim atau rendah hal ini disebabkan kurangnya edukasi atau pengetahuan masyarakat mengenai aplikasi SALAMAN. Adapun permasalahan lainnya yakni seringkali terjadi kendala pada sistem jaringan aplikasi dan kurangnya kualitas dan kuantitas sumber daya yang menjadi fondasi utama yakni sumber daya manusia, sumber daya finansial, dan penguatan infrastruktur. Kemudian permasalahan terakhir yakni manfaat dari kehadiran aplikasi SALAMAN belum dirasakan oleh seluruh masyarakat Kota Bandung sehingga menjadi urgensi dalam mencapai keberhasilan penerapan e-government. Berdasarkan hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa Disdukcapil Kota Bandung telah melakukan upaya dengan adanya Contribution and Involvement Stakeholder untuk mendukung (support) agar masyarakat mengetahui aplikasi SALAMAN melalui sosialisasi dan kolaborasi kepada pihak internal maupun ekesternal. Adapun berkaitan dengan kapasitas (capacity) terdapat Resource Performance Improvement agar kualitas dan kuantitas sumber daya dapat dilakukan peningkatan dalam pelaksanaan program. Kemudian kebermanfaatan (value) ditemukan hasil usefulness untuk mengetahui kegunaan suatu program dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian, penerapan E-government pada aplikasi SALAMAN memberikan perbaikan produktivitas sehingga adanya konektivitas yang baik antara pemerintah dan masyarakat.
English Abstract
This research discusses how the implementation of e-government in the SALAMAN (Selesai Dalam Genggaman) application as a public service in Bandung City. Based on the Aggregate Semester 1 Year 2023 data regarding ownership of population documents, one of which is the Child Identity Card in Bandung City, only reaches 32.23% so that the results show that there are still many who ignore the importance of population administration. According to data owned by the Bandung City Disdukcapil, there is a significant comparison between the population of Bandung City of productive age, namely 1,769,123 with the number of users of the SALAMAN application as many as 271,007 users. This research uses a qualitative method by analyzing the concept of e-government development according to Indrajit which consists of three indicators namely support, capacity, and value. Participation or involvement in the SALAMAN application program is still very minimal or low, this is due to the lack of education or knowledge of the community regarding the SALAMAN application. Another problem is that there are often problems with the application network system and the lack of quality and quantity of resources which are the main foundation, namely human resources, financial resources, and infrastructure strengthening. Then the last problem is that the benefits of the presence of the SALAMAN application have not been felt by all the people of Bandung City so that it becomes an urgency in achieving the successful implementation of e-government. Based on the results of this study, it shows that the Bandung City Disdukcapil has made efforts with the existence of Stakeholder Contribution and Involvement to support (support) so that people know the SALAMAN application through socialization and collaboration with internal and external parties. As for capacity, there is Resource Performance Improvement so that the quality and quantity of resources can be improved in program implementation. Then the usefulness (value) results are found to determine the usefulness of a program in achieving the stated objectives. Thus, the application of E-government in the SALAMAN application provides productivity improvements so that there is good affordability and connectivity between the government and the community.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523110069 |
Uncontrolled Keywords: | E-government Development, Public Services, Population Administration, SALAMAN Application-Pengembangan e-government, Pelayanan Publik, Administrasi Kependudukan, Aplikasi SALAMAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 18 Apr 2024 07:10 |
Last Modified: | 18 Apr 2024 07:10 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218257 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dinar Azhara Septia Maharani Dinab.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |