Penerapan Teori Permainan Berbasis Fuzzy pada Strategi Pemasaran Transportasi Online (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Angkatan 2020)

Makangiras, Lian Alessandra and Dr. Drs. Sobri Abusini, M.T. (2024) Penerapan Teori Permainan Berbasis Fuzzy pada Strategi Pemasaran Transportasi Online (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya Angkatan 2020). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Padatnya aktivitas masyarakat yang sehari-hari tidak lepas dari kegiatan transportasi membuat aplikasi transportasi online banyak diminati berbagai kalangan salah satunya mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute for Development of Economic and Finance (INDEF), aplikasi transportasi online tersebut adalah Grab, Gojek, Maxim, dan InDrive. Tentunya persaingan antar aplikasi tersebut berlangsung secara ketat untuk menarik konsumen dengan jangkauan yang lebih luas. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang optimal bagi masing-masing perusahaan. Pada penelitian ini akan digunakan teori permainan berbasis fuzzy dengan penyebaran kuesioner untuk mengetahui atribut kepentingan dan kepuasan konsumen. Proses fuzzifikasi akan mengubah nilai skala likert yang bersifat samar menjadi bilangan fuzzy dan proses defuzzifikasi akan mengubah kembali nilai tersebut menjadi sebuah nilai crisp. Nilai yang diperoleh dari proses defuzzifikasi akan digunakan untuk membentuk matriks pay-off yang dapat menentukan strategi optimal. Strategi optimal bagi aplikasi Grab adalah fitur keamanan, strategi optimal bagi aplikasi Gojek adalah layanan aplikasi, strategi optimal bagi aplikasi Maxim adalah tarif perjalanan, dan strategi optimal bagi aplikasi InDrive adalah kinerja pengemudi.

English Abstract

The steady combination of everyday social activities and social events has created an online transportation applications popular with various groups, one of which is college student. Based on Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) research, the online transportation application are Grab, Gojek, Maxim, and Indrive. Of course, competition between such applications is intense to attract broad-range consumers. Therefore, each company needs an optimum marketing strategy. On this research, fuzzy based game theory will be used by distributing questionnaires to determine attributes of consumer interest and satisfaction. The fuzzfication process would change an unclear Likert scale to a fuzzy number, and the defuzzfication process would retract that value into a crisp number. Values acquired from the defuzzfication process will be used to form a pay-off matrix that can determine the optimal strategy. The optimal strategy for Grab is the security feature, the optimal strategy for Gojek is the application service, the optimal strategy for Maxim is the trip fare, and the optimal strategy for InDrive is the driver performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524090028
Uncontrolled Keywords: logika fuzzy, teori permainan, transportasi online
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:04
Last Modified: 30 Apr 2024 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218239
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lian Alessandra Makangiras.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item