Strategi Community Based Tourism Oleh Masyarakat Lokal Sebagai Upaya Penanganan Konflik Pengelolaan Wisata di Kecamatan Harian

Lumbantobing, Yehezkiel (2023) Strategi Community Based Tourism Oleh Masyarakat Lokal Sebagai Upaya Penanganan Konflik Pengelolaan Wisata di Kecamatan Harian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam perkembangan studi politik, fenomena konflik terhadap pengelolaan wisata masih memiliki eksistensi dalam pembahasannya. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif tulisan ini menjelaskan bagaimana konflik politik yang terjadi antara Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir dengan masyarakat lokal dalam pengelolaan wisata dan apa upaya masyarakat lokal dalam menangani fenomena konflik dengan menggunakan strategi Community Based Tourism terkait pengembangan dan pengelolaan wisata yang ada di Kecamatan Harian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil dari fenomena yang terjadi di Kecamatan Harian terkait pengembangan dan pengelolaan wisata dengan membahas konflik yang menghasilkan dinamika politik dalam proses konflik (Teori Konflik Maurice Duverger) dan Role Conflict (Peranan Konflik). Dengan tahapan-tahapan proses konflik tersebut juga dapat memberikan penjelasan terkait tindakan yang dilakukan masyarakat lokal dalam bentuk suatu upaya yang didasari dengan menggunakan strategi Community Based Tourism terhadap pengembangan dan pengelolaan wisata. Strategi Community Based Tourism yang dilakukan sebagai upaya menangani konflik pengembangan dan pengelolaan wisata yang di Kecamatan Harian ditemukan partisipasi masyarakat yang memberikan hasil dalam bentuk suatu nilai yang jelas atau bisa disebut juga pencapaian yang baik sesuai dengan perencanaan atau pelaksanaan tindakan yang dilakukan masyarakat. Tentunya hal tersebut didorong dari dampak strategi Community Based Tourism tersebut. Selain itu, partisipasi maupun tindakan masyarakat terbentuk dari kelompok Koperasi dan BumDes memberikan pandangan yang dirasakan terhadap konflik pengelolaan wisata dengan Dinas Pariwisata. Pandangan yang dirasakan oleh kelompok Koperasi dan BumDes memberikan sebuah penjelasan yang jelas dari tindakan maupun partisipasi yang dilakukan terhadap pengembangan dan pengelolaan wisata yang ada di Kecamatan Harian.

English Abstract

In the development of political studies, the phenomenon of conflict over tourism management still has an existence in its discussion. This thesis using a qualitative case study approach, and explain about how political conflicts occur between Kabupaten Samosir Tourism Office and local communities in tourism management and what are the efforts of local communities to deal with conflict phenomena using Community Based Tourism strategies related to the development and management of tourism in Kecamatan Harian. This study aims to look at the results of phenomena that occur in Kecamatan Harian District related to the development and management of tourism by discussing conflicts that produce political dynamics in the conflict process (Maurice Duverger's Conflict Theory) and Role Conflict. The stages of the conflict process can also provide an explanation regarding the actions taken by local communities in the form of an effort based on using the Community Based Tourism strategy for tourism development and management. Community Based Tourism strategy carried out as an effort to deal with tourism development and management conflicts in Kecamatan Harian found community participation which gives results in the form of a clear value or can also be called good achievement in accordance with the planning or implementation of actions taken by the community. Indeed, this is driven by the impact of the Community Based Tourism strategy. Besides that, community participation and action formed from the Cooperative and BumDes groups provide a perceived view of the conflict in tourism management with the Tourism Office. In the other hand, the viewpoint taken by the cooperative and BumDes Group that made the development and management of tourism work assisted by the encouragement of the Community Based Tourism strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052317
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:53
Last Modified: 18 Apr 2024 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218235
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
yehezkiel tobiing.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item