Fransiska, Adellia Eka and Ratnaningsih Damayanti, S.IP., M.Ec.Dev (2024) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Website Sedudo (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online) Di Desa Munung Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Kualitas Pelayanan Publik pada website SEDUDO (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online) di Desa Munung Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Website SEDUDO merupakan sebuah website kependudukan yang dapat diakses secara online oleh masyarakat di Kabupaten Nganjuk untuk pembuatan dokumen kependudukan. Pada tingkat desa pengolahan data serta pengurusan administrasi kependudukan melalui website SEDUDO dilaksanakan oleh staf Operator layanan yang dibantu oleh Kepala Seksi Pemerintahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara yang melibatkan 3 narasumber berlatar belakang pemerintah dan 8 narasumber yang merupakan masyarakat pengguna layanan di Desa Munung, studi literatur dari beberapa dokumen pemerintah, dan dokumentasi dari setiap proses penelitian. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada website SEDUDO dengan menggunakan E-government Service Quality yang dikemukakan oleh Papadomichelaki & Mentaz (2012). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya pada dimensi kemudahan penggunaan terpenuhi, dimensi kepercayaan terpenuhi, dimensi keandalan belum terpenuhi, dimensi dukungan masyarakat terpenuhi, dimensi fungsi lingkungan interaksi terpenuhi, dimensi konten dan tampilan informasi terpenuhi.
English Abstract
This study discusses the Quality of Public Services on the SEDUDO Website (Sistem Elektronik Terpadu Desa Online) in Munung Village, Jatikalen District, Nganjuk Regency. The SEDUDO Website is a population website that can be accessed online by people in Nganjuk Regency for making population documents. At the village level, data processing and population administration through the SEDUDO Website and carried out by service operator staff assisted by the Head of Government Section. This research is qualitative research using interview data collection methods involving 3 resource persons with government backgrounds and 8 resource persons who are service users in Munung Village, literature from several government documents, and documentation of each research process. This study aims to determine the quality of public services on the SEDUDO Website using E-government Service Quality proposed by Papadomichelaki & Mentaz (2012). The results of this study show that the dimensions of ease of use are met, dimensions of trust are met, dimensions of reliability have not been met, dimensions of citizen support are met, dimensions of functionality of the interaction environment are met, dimensions of content and appearance of information are met.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110006 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan Publik, E-GovQual, Website SEDUDO-Public Service Quality, E-GovQual, SEDUDO Website |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:57 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 06:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218207 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adellia Eka Fransiska.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |