Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Sehun-EXO pada Brand Skincare Lokal Whitelab terhadap Brand Image dan Purchase Decision (Studi Komparatif pada Kelompok Konsumen Perempuan dan Laki-Laki di Indonesia)

Puteri Demsy, Shaskya (2023) Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Sehun-EXO pada Brand Skincare Lokal Whitelab terhadap Brand Image dan Purchase Decision (Studi Komparatif pada Kelompok Konsumen Perempuan dan Laki-Laki di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Whitelab Indonesia merupakan salah satu brand skincare lokal yang ternama dan berada dibawah naungan Deca Group. Produk-produk Whitelab yang mengkonsentrasikan manfaatnya untuk menciptakan kulit yang bersih, cerah, dan glowing membuat Whitelab menggunakan brand ambassador asal Korea Selatan sebagai salah satu strategi pemasarannya. Brand ambassador adalah alat yang dipergunakan perusahaan atau organisasi dengan tujuan berkomunikasi dan juga tersambung dengan khalayak luas sehingga perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa mereka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini bertujuan untuk menguji brand ambassador sebagai variabel independen dengan indikator milik Lea-Greenwood (2012) yaitu transparan, kesesuaian, kredibilitas, daya tarik, dan power. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang terdiri dari 50 responden perempuan dan 50 responden laki-laki dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini merupakan sosok individu yang melakukan pembelian produk Whitelab, mengetahui Sehun-EXO menjadi brand ambassador Whitelab, dan minimal berusia 13 tahun. Keseluruhan data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Didapatkan bahwa indikator kesesuaian menjadi indikator brand ambassador yang paling berpengaruh atau dominan.

English Abstract

Whitelab Indonesia is one of the well-known local skincare brands under Deca Group. Their products that concentrate their benefits on creating clean, bright, and glowing skin made them chose to use a brand ambassador from South Korea as one of its marketing strategies. Brand ambassadors are tools used by companies or organizations with the aim of communicating and also connecting with a wide audience so that companies can increase sales of their products or services. This quantitative method research aims to test brand ambassadors as independent variables with Lea-Greenwood's (2012) indicators, namely transparency, congruence, credibility, attractiveness, and power. The sample in this study amounted to 100 respondents consisting of 50 female respondents and 50 male respondents using the purposive sampling method. The specimen in this study are individuals who acknowledged. The sample in this study is an individual who purchases Whitelab products, knows Sehun-EXO to be Whitelab's brand ambassador, and is at least 13 years old. All data obtained in this study were analyzed using simple linear regression. The results of this study shows that brand ambassadors have an influence on brand image and purchasing decisions. It was found that the congruence indicator became the most influential or dominant indicator of brand ambassadors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052317
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 16 Apr 2024 08:36
Last Modified: 16 Apr 2024 08:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218167
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Shaskya Puteri Demsy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item