Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 Universitas Brawijaya Pasca Pandemi Covid-19

Ken Aliviary, Rizkania (2023) Pengaruh Komunikasi Antar Pribadi Dosen Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 Universitas Brawijaya Pasca Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini mengeksplorasi peran penting komunikasi antar pribadi antara dosen dan mahasiswa dalam menghadapi tantangan belajar yang bertransformasi dari pembelajaran online akibat dari pandemi covid-19 ke pembelajaran luring setelah pandemi covid-19. Dengan membina komunikasi yang efektif, dosen memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah dan memberikan dukungan penting untuk meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sample yakni non-probality sampling yang dilakukan menggunakan rumus slovin. Responden sejumlah 73 dari mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Angkatan 2021 Universitas Brawijaya dipilih menggunakan Simple Random Sampling. Definisi operasional dari pebelitian ini memiliki variable independen X yakni komunikasi antar pribadi dan varibel Y motivasi belajar. Menggunakan skala linkert sebagai skala pengukuran data. Sumber data yang diambil dari penelitian ini didapat dari penyebaran kuisioner. Hasil data dari penelitian ini dianalisis menggunakan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji koefisien determinan yang memunculkan hasil akhir yakni adanya pengaruh dari komunikasi antar pribadi dosen terhadap motivasi mahasiswa. Penelitian ini menyatukan temuan-temuan sebelumnya untuk menyoroti analisis dari pengaruh strategi komunikasi yang proaktif terhadap dosen yang digunakan kepada mahasiswa terhadap pengaruh motivasi belajar mahasiswa, yang pada akhirnya berkontribusi pada lingkungan belajar yang lebih efektif.

English Abstract

This study explores the important role of interpersonal communication between lecturers and students in facing the learning challenges that have transformed from online learning due to the COVID-19 pandemic to offline learning after the COVID-19 pandemic. By fostering effective communication, lecturers significantly contribute to students' understanding of course material and provide crucial support to enhance learning motivation. This research employs a quantitative research method with a non-probability sampling technique conducted using the Slovin formula. Seventy-three respondents from the 2021 Communication Science Program at Brawijaya University were selected using Simple Random Sampling. The operational definition of this research has the independent variable X as interpersonal communication and the dependent variable Y as learning motivation. A Likert scale is used as the data measurement scale. Data for this study are obtained through questionnaire distribution. The research data is analyzed using validity and reliability tests, classical assumption tests, hypothesis tests, and determinant coefficient tests, resulting in the final conclusion of the influence of lecturer interpersonal communication on student motivation. This research consolidates previous findings to highlight the analysis of the impact of proactive communication strategies used by lecturers on students' learning motivation, ultimately contributing to a more effective learning environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052317
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 16 Apr 2024 08:10
Last Modified: 16 Apr 2024 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218165
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizkania Ken Aliviary.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item