Pengaruh Country of Origin dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Konsumen Miniso di Kota Surabaya)

Firman, Muhamad Nur and Lusy Deasyana Rahma Devita, S.AB., M.AB (2024) Pengaruh Country of Origin dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Konsumen Miniso di Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Miniso merupakan merek ritel dari China yang didirikan pada tahun 2011, Miniso mampu berkembang menjadi merek ritel yang dapat bersaing di pangsa lokal maupun internasional atau disebut Multi-National Companies (MNC). Pertumbuhan industri ritel dunia yang tinggi membuat Miniso ingin terus bersaing menjadi merek ternama dunia, ini bisa dilihat dengan banyaknya gerai Miniso yang tersebar di seluruh dunia dan termasuk di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian, (2) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian, (3) Menganalisis dan menjelaskan pengaruh dari Country of Origin dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen produk Miniso di kota Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden dengan menggunakan instrumen kuesioner melalui survei online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu konsumen produk Miniso berusia 17 tahun ke atas dan pernah membeli produk Miniso minimal satu kali pada gerai Miniso yang tersebar di kota Surabaya. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa negara asal atau (1) country of origin berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, fakta selanjutnya ialah (3) Country of origin dan brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan. Perusahaan Miniso diharapkan untuk menginformasikan produk-produk dengan negara asal China secara lebih efektif dan meningkatkan citra negara asal melalui peningkatan kualitas dan inovasi produk.

English Abstract

Miniso is a retail brand from China founded in 2011. Miniso has been able to develop into a retail brand that can compete in both local and international markets and is referred to as Multi-National Companies (MNCs). The high growth of the global retail industry makes Miniso want to continue to compete to become a world-renowned brand. This can be seen from the numerous Miniso outlets scattered around the world, including in Indonesia. The purpose of this research is: (1) to analyze and explain the influence of Country of Origin on Purchase Decision, (2) to analyze and explain the influence of Brand Trust on Purchase Decision, (3) to analyze and explain the influence of Country of Origin and Brand Trust on Purchase Decision. The population of this study is consumers of Miniso products in the city of Surabaya. The sample used in this study consisted of 116 respondents using a questionnaire instrument through online surveys. The sampling technique used was purposive sampling with sample criteria being consumers of Miniso products aged 17 and above and who have purchased Miniso products at least once at Miniso outlets scattered throughout the city of Surabaya. The results of this study provide evidence that (1) country of origin has a positive and significant influence on purchase decisions, (2) brand trust has a positive and significant influence on purchase decisions. Furthermore, the fact is that (3) country of origin and brand trust have a positive and significant simultaneous influence on purchase decisions. Miniso is expected to inform products of the country of origin, China, more effectively and enhance the image of the home country through product quality improvement and innovation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030038
Uncontrolled Keywords: Country of Origin, Brand Trust, Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Purchase Decision, Consumer Behaviour
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 01:35
Last Modified: 17 Apr 2024 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218130
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M NUF FIRMAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item