Firas Labib Zulputra, Muhammad (2023) Peran Budaya Populer Terhadap Penggunaan Bahasa Gaul Oleh Kalangan Remaja Kota Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan bahasa gaul telah menjadi hal yang lumrah dalam masyarakat Indonesia terutama oleh kalangan remaja, hal tersebut tidak luput dari berkembangnya budaya populer di masyarakat yang mulai dimasukkan kedalam film, musik bahkan setiap video-video yang terdapat di berbagai macam platform.Seiring berjalannya waktu ternyata bahasa gaul bisa menjadi sebuah media dimana seseorang ingin memperlihatkan bahwa dirinya berasal dari kelompok tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana peran budaya pop terhadap penggunaan bahasa gaul oleh remaja Kota Bekasi serta peran dari bahasa gaul tersebut terhadap identitas sosial remaja. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan menggunakan kualitatif deskriptif sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan pisau analisis konsep pilihan bahasa perspektif Joshua Fishman. Budaya populer berperan terhadap penggunaan bahasa gaul terutama bagi pasar mereka yakni kalangan remaja melalui musik, film dan tempat-tempat dimana kalangan remaja berkumpul. Hal ini dikarenakan produk budaya populer telah menambahkan bumbu bahasa gaul di dalamnya yang tujuannya tidak lain adalah untuk memikat hati para konsumen yang mayoritas kalangan remaja. Bahasa gaul juga digunakan sebagai salah satu alat representasi kalangan remaja yang terdengar lebih akrab dan dekat di kalangan mereka. Penggunaan bahasa gaul yang digunakan oleh kalangan remaja dapat merepresentasikan identitas kelompok mereka.
English Abstract
The use of slang has become commonplace in Indonesian society, especially among teenagers, this has not escaped the development of popular culture in society which has begun to be included in films, music and even every video available on various platforms. Slang can be a medium where someone wants to show that he or she comes from a certain group. The aim of this research is to explain the role of pop culture in the use of slang by Bekasi City teenagers and the role of this slang in teenagers' social identity. The methodology used in this research is a qualitative method using descriptive qualitative while for data collection using interview techniques and conceptual analysis of Joshua Fishman's perspective language choice. Popular culture plays a role in the use of slang, especially for their market, namely teenagers, through music, films and places where teenagers gather. This is because popular culture products have added slang to them, the aim of which is none other than to attract the hearts of consumers, the majority of whom are teenagers. Slang is also used as a representation tool among teenagers which sounds more familiar and close to them. The use of slang used by teenagers can represent their group identity
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 03:05 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 03:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218098 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Firas Labib Zulputra.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |