Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan e-Wom Terhadap Minat Pembelian Laptop (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2022/2023)

Aryasatya, Fauzan and Wilopo, DR., M.AB. (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan e-Wom Terhadap Minat Pembelian Laptop (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertejuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas produk, harga, dan e-WOM terhadap minat pembelian laptop, (2) pengaruh kualitas produk terhadap minat pembelian laptop, (3) pengaruh harga terhadap minat pembelian laptop, (4) pengaruh e-WOM terhadap minat pembelian laptop. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori dengan sampel penelitian sebanyak 93 responden yang merupakan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijayaangkatan 2022/2023 yang memiliki laptop. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non-probability yakni convenience sampling. Metode pengumpulan dilakukan dengan menyebarkan instrtumen kuesioner online menggunakan google form. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh yang signifikan dari variabel kualitas produk, harga, dan e-WOM terhadap minat pembelian laptop, (2) adanya pengaruh dari variabel kualitas produk terhadap minat pembelian laptop, (3) adanya pengaruh dari variabel harga terhadap minat pembelian laptop, (4) tidak ditemukannya pengaruh dari variabel e-WOM terhadap minat pembelian laptop.

English Abstract

This research aims to determine: (1) the influence of product quality, price, and e-WOM on the purchase intention of laptops, (2) the influence of product quality on the purchase intention of laptops, (3) the influence of price on the purchase intention of laptops, (4) the influence of e-WOM on the purchase intention of laptops. The study adopts an explanatory research design with a sample of 93 respondents, who are students of the Faculty of Public Administration at Brawijaya University, from the 2022/2023 academic year, and own laptops. The sampling technique used in this research is Non-probability sampling, specifically convenience sampling. Data collection is conducted by distributing an online questionnaire instrument using Google Forms. The data analysis methods employed in this research include descriptive statistical analysis, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, and hypothesis testing using t-tests and F-tests. The results of this study indicate that: (1) there is a significant influence of the variables of product quality, price, and e-WOM on the purchase intention of laptops, (2) there is an influence of the product quality variable on the purchase intention of laptops, (3) there is an influence of the price variable on the purchase intention of laptops, (4) no significant influence is found from the e-WOM variable on the purchase intention of laptops.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030001
Uncontrolled Keywords: Kualitas Produk, Harga, e-WOM, Minat Pembelian, Product Quality, Price, e-WOM, Purchase Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2024 01:36
Last Modified: 17 Apr 2024 01:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218090
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fauzan Aryasatya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item