Pengaruh Pendidikan dan Kesehatan terhadap Kemiskinan di Jawa Timur Tahun 2012-2022 (Studi Kasus terhadap 38 kab/kota di Jawa Timur)”

Fitri, Vivi Yulita and Prof. Dr. Khusnul Ashar, S.E, MA (2024) Pengaruh Pendidikan dan Kesehatan terhadap Kemiskinan di Jawa Timur Tahun 2012-2022 (Studi Kasus terhadap 38 kab/kota di Jawa Timur)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh parahnya situasi kemiskinan di Provinsi Jawa Timur sehingga perlu adanya percepatan penanganan kemiskinan berupa peningkatan kualitas SDM dalam ranah pendidikan dan kesehatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari pendidikan dan kesehatan pada kemiskinan di provinsi Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan analisis regresi data panel menggunakan Eviews 10. Data yang digunakan dalam penelitian ini berumber dari Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan variabel independen pendidikan dan kesehatan berpengaruh signifikan nefative terhadap variabel dependen kemisikinan.. Hal tersebut menunjukan bahwa peningkatan kualitas SDM dalam bidang pendidikan dan kesehatan perlu ditingkatkan agar berdampak pada peningkatan produktivitas serta penghasilan yang berimplikasi pada terhindarnya dari kemiskinan.

English Abstract

This research is motivated by the serious poverty situation in East Java Province, so there is a need to accelerate the handling of poverty in the form of improving the quality of SDM in the realm of education and health. The aim of this research is to determine the influence of education and health on poverty in East Java province. The method used in this research is quantitative with panel data regression analysis using Eviews 10. The data used in this research comes from the Central Statistics Agency. The research results show that partially and simultaneously the two independent variables education and health have a significant positive effect on poverty.. This shows that improving the quality of human resources in the fields of education and health needs to be improved so that it has an impact on increasing productivity and income which has implications for avoiding poverty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020049
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, Kesehatan, Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:38
Last Modified: 19 Apr 2024 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218071
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Vivi Yulita Fitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item