Pengaruh Live Streaming Shopping, Diskon, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific di E-Commerce Shopee (Studi pada Konsumen Domisili Malang)

Veronica, Dhea and Riyadi, Dr., Drs, M.Si. (2024) Pengaruh Live Streaming Shopping, Diskon, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific di E-Commerce Shopee (Studi pada Konsumen Domisili Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi membuat manusia mudah dalam mengakses internet untuk melakukan berbagai kegiatan seperti berkomunikasi, berbelanja, dan mencari informasi menggunakan smartphone. Hal ini menciptakan peluang bagi pelaku bisnis untuk merubah sistem penjualan dan pemasaran menjadi lebih modern dengan memanfaatkan internet. Salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan saat ini yaitu Live Streaming Shopping dan Diskon. Namun, untuk membuat konsumen membeli suatu produk perlu diperhatikan pula kualitas dari suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Live Streaming Shopping (X1), Diskon (X2), dan Kualitas Produk (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 130 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Live Streaming Shopping (X1), Diskon (X2), dan Kualitas Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Variabel Live Streaming Shopping (X1), Diskon (X2), dan Kualitas Produk (X3) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian, Skintific sebaiknya terus meningkatkan pemasaran melalui Live Streaming Shopping dan Diskon serta memberikan kualitas produk yang baik karena dapat berdampak positif terhadap Keputusan Pembelian.

English Abstract

The development of information technology make it easy for humans to access the internet to carry out various activities such as communicating, shopping, and searching for information using smartphones. This creates opportunities for business people to change the sales and marketing system to be more modern by utilizing internet. One of the marketing strategies that are widely used today is Live Streaming Shopping and Discounts. However, to make consumers buy a product, the quality of a product also needs to be considered. The purpose of this study was determine and explain the effect of Live Streaming Shopping (X1), Discounts (X2), and Product Quality (X3) on Purchasing Decisions (Y) simultaneously and partially. This study uses a quantitative approach with explanatory research methods. The sampling technique used purposive sampling with a total of 130 respondents. The data collection method was carried out by distributing questionnaires. Data processing is done using SmartPLS Version 4. The results of this study indicate that simultaneously the Live Streaming Shopping (X1), Discounts (X2), and Product Quality (X3) variables have a significant effect on the Purchasing Decisions (Y) variabel. The variables Live Streaming Shopping (X1), Discounts (X2), and Product Quality (X3) variables have a positive and significant effect partially on Purchasing Decisions (Y). Based on this research results, Skintific should continue to improve marketing through Live Streaming Shopping and Discounts and provide goof product quality because it can have a positive impact on Purchasing Decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030020
Uncontrolled Keywords: Live Streaming Shopping, Diskon, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Skintific, Discounts, Product Quality, Purchasing Decisions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:55
Last Modified: 05 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218062
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dhea Veronica.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item