Kajian Kualitatif Strategi Koping Terhadap Ketahanan Pangan Dan Gizi Di Tingkat Rumah Tangga Selama Dan Setelah Pandemi COVID-19

Fariza, Nona Maharani Al and Dr. Nurul Muslihah, SP., M.Kes and Annisa Rizky Maulidiana, S.Gz., M.Sc (2023) Kajian Kualitatif Strategi Koping Terhadap Ketahanan Pangan Dan Gizi Di Tingkat Rumah Tangga Selama Dan Setelah Pandemi COVID-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merenggut banyak korban jiwa, sehingga pemerintah memberlakukan berbagai kebijakan yang berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat hingga mengancam ketahanan pangan dan gizi rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai strategi koping yang dilakukan di tingkat rumah tangga terkait pangan dan gizi selama dan setelah pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember 2022 dengan lingkup seluruh Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada 12 informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan peneliti. Temuan dari kajian kualitatif yaitu didapatkan 2 tema dan 7 kategori. Tema yang dihasilkan meliputi akses terhadap makanan dan strategi koping ketahanan pangan dan gizi selama dan setelah pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama dan setelah pandemi tidak terdapat perbedaan pada akses dan strategi koping yang dilakukan oleh rumah tangga, rumah tangga mendapatkan makanan dengan membeli secara langsung di warung, pasar, atau swalayan, membeli secara online, dan hasil panen. Strategi rumah tangga untuk menjaga ketahanan pangan saat ada keterbatasan adalah dengan membeli makanan yang lebih murah walaupun kurang disukai, mengurangi porsi atau frekuensi atau variasi, mencari alternatif merek pengganti, dan gotong royong dengan pihak lain. Adapun perbedaan yang terjadi adalah setelah pandemi, strategi koping yang dilakukan selama pandemi tidak lagi dilakukan saat informan merasa tidak ada ancaman pada ketahanan pangan dan gizinya. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan strategi koping yang dilakukan adalah problem focused strategy.

English Abstract

The COVID-19 pandemic, has resulted in numerous fatalities. Consequently, the government implemented several policies that affected the socio-economic conditions of the community, posing a threat to household food security and nutrition. This study aimed to investigate the various coping strategies adopted by households concerning food and nutrition during and after the pandemic. This study was a qualitative study and employed a phenomenological approach, with research being carried out between October and December 2022 across Indonesia. To test the validity of the data using triangulation of methods and researchers, data collected through in-depth interviews with 12 informants selected through purposive sampling. The qualitative study resulted in 2 themes and 7 categories. The resulting themes are access to food and coping strategies for food security and nutrition in the context of the COVID-19 pandemic and its aftermath. The results showed that during and after the pandemic there were no differences in access and coping strategies carried out by households, households obtained food ingredients or food by buying directly at stalls, markets, or supermarkets, buying online, and harvesting. Household strategies to maintain food security when there are limitations are to buy cheaper food even though they are less preferred, reduce portions, frequency, or variety, find alternative brand substitutes, and get along with relatives. The difference that occurs is that after the pandemic, the coping strategies carried out during the pandemic are no longer carried out when they do not feel there is a threat to their food and nutrition security. It can be concluded that the coping strategy approach taken is a problem focused strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523160188
Uncontrolled Keywords: Kualitatif, Strategi Koping, Ketahanan Pangan dan Gizi, Rumah Tangga, Pandemi COVID-19.Qualitative, Coping Strategies, Food and Nutrition Security, Households, COVID-19 Pandemic.
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Apr 2024 00:50
Last Modified: 05 Apr 2024 00:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218057
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Nona Maharani Al Fariza.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item