Analisis Pengaruh Perilaku Bias Terhadap Keputusan Investasi Saham Pada Generasi Z Dan Milenial

Qotrunada, Sofia and Dr. Tyas Danarti Hascarani, SE., ME. (2024) Analisis Pengaruh Perilaku Bias Terhadap Keputusan Investasi Saham Pada Generasi Z Dan Milenial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh adanya perilaku bias terhadap keputusan investasi saham dengan sampel investor gen Z dan generasi milenial dalam penelitian ini penulis fokus pada lima variabel independen yakni herding bias, overconfidence, confirmation bias, loss aversion, dan representativeness bias. Penelitian ini kuantitatif dengan sampel 142 responden, mungganakan metode analisis SEM PLS ( Partial Least Square ) . Adanya aktivitas saham yang dilakukan oleh generasi Z dan milenial menjadi menarik untuk diteliti sebab jumlah investor yang terus meningkat dari kalangan gen-Z dan milenial. Penelitian ini juga mereplikasi penelitian sebelumnya yang hanya menggunakan beberapa variabel, namun pada penelitian ini menggunakan beberapa variabel yang menyesuaikan dengan gen-Z dan milenial saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel overconfidence berdampak nyata terhadap keputusan investasi saham pada generasi z dan milenial.

English Abstract

The purpose of this research is to examine the influence of biased behavior on stock investment decisions among Generation Z and Millennial investors. In this study, the author focuses on five independent variables: herding bias, overconfidence, confirmation bias, loss aversion, and representativeness bias. This quantitative research involves a sample of 142 respondents and utilizes the SEM PLS (Partial Least Square) analysis method. The stock market activities conducted by Generation Z and Millennials are interesting to investigate due to the continuously increasing number of investors from these generations. This research also replicates previous studies that only used a few variables, but in this study, multiple variables are considered to align with the current characteristics of Generation Z and Millennials. The results indicate that herding, confirmation, loss aversion, and representativeness variables have a negative impact, while overconfidence has a positive impact on stock investment decisions among Generation Z and Millennials.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020046
Uncontrolled Keywords: Bias, Investasi, Representativenes, Herding, Confirmation, Loss Aversion, dan Overconfidence.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:08
Last Modified: 05 Apr 2024 06:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218039
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sofia Qotrunada.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item