Pengaruh Peran Brand Ambassador dalam Media Sosial terhadap Sikap Wajib Pajak dalam Mematuhi Kewajiban Perpajakan (Studi pada Followers Akun TikTok @ditjenpajakri)

Cahyaningtyas, Chatarina Oktaviani and Latifah Hanum, SE., MSA., Ak. (2024) Pengaruh Peran Brand Ambassador dalam Media Sosial terhadap Sikap Wajib Pajak dalam Mematuhi Kewajiban Perpajakan (Studi pada Followers Akun TikTok @ditjenpajakri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Brand ambassador merupakan ikon budaya atau identitas, dimana merek bertindak sebagai alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan masyarakat tentang bagaimana perusahaan meningkatkan penjualan. Saat ini, peran brand ambassador digunakan pemerintah sebagai media perantara memberikan edukasi kepada masyarakat. Salah satu lembaga pemerintah yang melakukan edukasi kepada masyarakat adalah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) melalui akun media sosial TikTok @ditjenpajakri. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood Model yaitu seseorang akan memproses sebuah pesan melalui dua rute yaitu rute pusat dan rute tepi yang memungkinkan terjadinya perubahan sikap. Rute pusat akan memproses kualitas argumen pesan yang disampaikan, sementara rute tepi akan memproses hal lain yang tidak berkaitan dengan argumen pesan seperti gambar dan kredibilitas sumber pesan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji serta mengetahui apakah terdapat hubungan antara Kualitas Argumen, Gambar, Kredibilitas Sumber dan Brand Ambassador terhadap Sikap Wajib Pajak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh wajib pajak pengikut akun TikTok @ditjenpajakri. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 138 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 dengan teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Kualitas Argumen, Gambar, Kredibilitas Sumber dan Brand Ambassador masing-masing variabel berpengaruh secara langsung terhadap variabel Sikap Wajib Pajak.

English Abstract

Brand ambassador is a cultural icon or identity where the brand acts as a marketing tool used by companies to communicate and engage with the public about how the company enhances sales. Currently, the role of a brand ambassador is utilized by the government as an intermediary to provide education to the public. One government institution that educates the public is the Directorate General of Taxes (DJP) through the social media account TikTok @ditjenpajakri. This research uses the Elaboration Likelihood Model theory, where an individual processes a message through two routes: the central route and the peripheral route, allowing attitude change to occur. The central route processes the quality of arguments presented in the message, while the peripheral route processes unrelated aspects such as images and the credibility of the message source. The aim of this research is to examine and determine whether there is a relationship between Argument Quality, Image, Source Credibility, and Brand Ambassador towards Taxpayer Attitude. This study is an explanatory research with a quantitative approach, using a survey research method. The population of this study is all taxpayers following the TikTok account @ditjenpajakri. The sample in this study consists of 138 respondents. Data collection is done by distributing questionnaires. Data analysis in this study uses SPSS version 25 software, with descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis through multiple linear regression. The results of the research show that Argument Quality, Image, Source Credibility, and Brand Ambassador each have a direct influence on the Taxpayer Attitude variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030016
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador, Elaboration Likelihood Model, Media Sosial, Sikap Wajib Pajak, TikTok @ditjenpajakri, Brand Ambassador, Elaboration Likelihood Model, Social Media, Tax Payer Attitude
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:55
Last Modified: 05 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218027
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chatarina Oktaviani Cahyaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item