Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi

Novendra, Arnetta and Sujarwoto, Dr., S.IP, M.Si, MPA and Martina Purwaning Diah, S.AP, M.AP (2024) Strategi Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan penggerak roda pemerintahan yang memiliki peran krusial dalam menjalankan amanat pelayanan publik. Saat ini, masih ditemukan beberapa ASN yang tidak memiliki kompetensi sesuai dengan jabatannya, maka dari itu dibutuhkan pengembangan kompetensi yang sesuai. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai juara pada ajang BKN Awards Tahun 2022 pada kategori Penilaian Kompetensi juga masih memiliki beberapa kelemahan pada strategi dalam pengembangan kompetensi ASN yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pengembangan kompetensi ASN yang ada di Kementerian PANRB dengan menggunakan landasan teori manajemen strategis menurut Fred R. David (2011). Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini ialah strategi pengembangan kompetensi ASN yang digunakan oleh Kementerian PANRB ialah melalui pendidikan dan pelatihan. Strategi pengembangan kompetensi pendidikan atau biasa disebut tugas belajar dapat dilakukan dengan mengikuti program beasiswa maupun dengan biaya mandiri. Sedangkan pelatihan terdiri dari dua jenis yaitu pelatihan klasikal dan pelatihan non-klasikal. Dari masing-masing jenis pelatihan tersebut terdapat beberapa jenis sub-pelatihan di dalamnya. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini ialah pada tahun 2023 semua strategi pengembangan kompetensi yang telah direncanakan telah terlaksana, namun masih terdapat beberapa kendala di tiap jenis pengembangan yang ada. Kendala yang sering disebutkan ialah terkait waktu pelaksanaan pelatihan yang terkadang masih bertabrakan dengan tugas individu para ASN, sehingga masih dibutuhkan pengoptimalan terkait jadwal pelatihan yang akan dilaksanakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan perbaikan terhadap pelaksanaan pengembangan kompetensi yang telah dilakukan oleh Kementerian PANRB.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524030012
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kompetensi, Pendidikan, Pelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with email dini@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Apr 2024 06:55
Last Modified: 05 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218021
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arnetta Novendra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item