Savira, Alifia (2023) Strategi Partai Amanat Nasional dalam upaya mendulang suara generasi milenial dan generasi z di Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Skripsi ini menganalisis tentang strategi Partai Amanat Nasional dalam upaya mendulang suara generasi milenial dan generasi z di Jawa Timur. PAN Jawa Timur yang menjadikan generasi milenial dan generasi z menjadi target pemilih karena dominasinya dalam kontestasi pemilu tahun 2024 mendatang. Strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskripstif melalui data yang diperoleh dari hasil wawancara dan studi kepustakaan dari buku, jurnal, skripsi, artikel, dan dokumen pendukung lainnya yang berkaitan dengan skripsi. Penelitian ini menggunakan teori 3P oleh Adman Nursal, sehingga penelitian dapat dapat menelusuri dan menganalisis bagaimana strategi dijalankan Partai Amanat Nasional dalam upaya mendulang suara generasi milenial dan generasi z di Jawa Timur. Penelitian ini memperlihatkan strategi PAN yaitu push marketing dengan sentuhan personal langsung dengan pemilih karena terjadinya kontak dua arah, dengan mengadakan kegiatan yang mewadahi generasi milenial dan generas z di Jawa Timur. Pass marketing dengan menggandeng dukungan dari banyak pihak sebagai vote getter yaitu kyai, artis, public figure, tokoh di generasi milenial dan z, organisasi elemen masyarakat. PAN juga menggunakan strategi pull marketing dengan penggunaan media social, media massa, media cetak yang efektif dalam menjangkau generasi milenial dan generasi z. Berdasarkan analisis menggunakan pendekatan tersebut , diperoleh strategi yang dijalankan oleh Partai Amanat Nasional adalah dengan menggunakan push marketing, pass marketing, pull marketing tersebut berhasil menaikkan elektabilitas , meningkatkan popularitas, serta membangun awareness di generasi milenial dan generasi z.
English Abstract
This thesis analyzes the strategy of the National Mandate Party in an effort to gain the votes of the millennial generation and generation z in East Java. PAN East Java has made the millennial generation and generation z the target voters because of their dominance in the upcoming 2024 election contestation. Strategy. This research uses a qualitative approach with descriptive analysis through data obtained from interviews and literature studies from books, journals, theses, articles, and other supporting documents related to the thesis. This research uses the 3P theory by Adman Nursal, so that research can trace and analyze how strategies are carried out by the National Mandate Party in an effort to gain the votes of the millennial generation and generation z in East Java. This research shows that PAN's strategy is push marketing with a direct personal touch with voters because of the two-way contact, by holding activities that accommodate the millennial generation and generation z in East Java. Pass marketing by cooperating with support from many parties as vote getters, namely clerics, artists, public figures, figures in the millennial and z generations, community element organizations. PAN also uses a pull marketing strategy with the use of social media, mass media, print media that is effective in reaching millennials and generation z. Based on the analysis using this approach, it is obtained that the strategy carried out by the National Mandate Party is by using push marketing, pass marketing, pull marketing that has succeeded in increasing electability, increasing popularity, and building awareness in the millennial generation and generation z.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 04:41 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 04:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/218011 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alifia Savira.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |