Pengaruh Dana Otonomi Khusus (Dok), Dana Tambahan Infrastruktur (Dti) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kabupaten/Kota Provinsi Papua Periode 2019-2021

Giban, Pilipus and Faishal Fadli, S.E.,M.E.,Ph,D (2024) Pengaruh Dana Otonomi Khusus (Dok), Dana Tambahan Infrastruktur (Dti) Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Di Kabupaten/Kota Provinsi Papua Periode 2019-2021. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke empat yang tentunya, penduduk-penduduk di Indonesia tersebar dalam berbagai pulau, suku dan budaya sehingg banyak perbedaan. Negara Indonesia memiliki prinsip menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan yaitu Bhineka Tunggal Ika, demi terciptanya keberlangsungan Negara untuk mempersatukan perbedaan-perbedaan di mana terkadang memicu dampak negatif, sehingga dibentuk sistem pemerintahan (Ferrijana, 2018). Pemberian Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua dimaksudkan untuk mewujudkan keadilan, penegakan supremasi hukum, penghormatan terhadap HAM, percepatan pembangunan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Papua, dalam rangka kesetaraan dan keseimbangan dengan kemajuan provinsi lain (DPR, 2013). Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui pengaruh Dana Otonomi Khusus terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Papua tahun 2019 – 2021. Kedua untuk mengetahui pengaruh Dana Tambahan Infrastruktur terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Papua tahun 2019 – 2021 Ketiga untuk mengetahui pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Papua tahun 2019 – 2021. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari foto-foto, rekaman video, benda-benda, dokumen-dokumen grafis (tabel, catatan dan notulen). Untuk variabel yang digunakan adalah indeks Pembangunan Manusia, Dana Otonomi Khusus (DOK), Dana tambahan infrstruktur (DTI), dan pertumbuhan ekonomi terhadap indeks pembagunan manusia di provinsi papua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dana Otonomi Khusus tidak berpengaruh terhadap indeks Pembangunan manusia dengan nilai probabilitas sebesar 0.3132. karena dana otsus papua dan papua barat mengalami penurunan akibat pandemi virus corona Covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524020041
Uncontrolled Keywords: Otonomi khusus, peningkatan kesejahteraan, kemajuan masyarakat papua.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:12
Last Modified: 04 Apr 2024 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217995
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Pilipus Giban.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item