Pengaruh E-Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Aplikasi Agoda.Com

Wijaya, Pegi Maycho and Radityo Putro Handrito, SE., MM., Ph.D (2023) Pengaruh E-Marketing Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Aplikasi Agoda.Com. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banyaknya kompetitor yang bergerak di bidang OTA, pelaku usaha berusaha untuk meningkatkan strategi pemasaran untuk menarik konsumen. Salah satunya E-Marketing dan Electronic Word Of Mouth sebagai strategi pemasaran yang dapat dimanfaatkan. Berdasarkan data diketahui bahwa peringkat Agoda.com berada di peringkat paling bawah, padahal Agoda sudah cukup lama berdiri sebagai penyedia online travel agent. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa keputusan konsumen menggunakan Agoda.com masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-Marketing dan E-WOM terhadap keputusan pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu usia 17 tahun dan yang sudah pernah menggunakan aplikasi Agoda.com. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan metode Purposive Sampling yang di sebar menggunakan online survey dengan total responden sebanyak 120 orang. Hasil dari penyebaran kuesioner ini diolah menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa E-Marketing dan E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

The number of competitors engaged in Online Travel Agent, the business actors are trying to improve their marketing strategies to attract consumers. One of them are E-Marketing and E-WOM. Based on data, it is known that Agoda.com is rank at the bottom, even though Agoda.com has been in the Online Travel Agent provider for a long time. This illustrates that consumers decisions to use Agoda.com are still not optimal. The purpose of this research is to determine the influence of E-Marketing and E-WOM on online purchase decisions in Agoda.com. The sample used in this study were people aged 17 years old and over and people who have used Agoda.com. The sampling method which was distributed using on online surveys with a total number of respondents 120 people. The results of this study showed that E-Marketing and E-WOM had positive and significant effect on purchase decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020887
Uncontrolled Keywords: E-Marketing, E-WOM, dan Keputusan Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:13
Last Modified: 04 Apr 2024 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217988
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Pegi Maycho Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item