Asimetri Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Kompetensi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Studi Pendahuluan

Nazilah, Halimah Milladunka and Dr. Eti Setiawati, M.Pd. (2024) Asimetri Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks dengan Kompetensi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Studi Pendahuluan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketidaksesuaian materi Bahasa Indonesia yang dipelajari dan diujikan menjadi isu tahunan bagi siswa SMA/sederajat yang menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Hingga saat ini, isu mutakhir tersebut membutuhkan penanganan sesegera mungkin karena ditemukan kecemasan tingkat sangat tinggi pada siswa SMA/sederajat. Penelitian ini bertujuan mengkaji ketidaksesuaian pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks di sekolah dengan kompetensi Bahasa Indonesia yang dibutuhkan dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri. Melalui jenis penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi dokumen serta metode analisis data berupa komparasi dan analisis isi, diperoleh hasil penelitian yakni kebutuhan kompetensi ujian masuk perguruan tinggi negeri lebih menjurus pada keterampilan penalaran teks yang menekankan aspek penalaran kritis dan pemahaman kebahasaan siswa secara komprehensif sedangkan materi pembelajaran di sekolah lebih condong pada materi pembelajaran berbasis teks secara struktural. Penelitian ini menawarkan dua alternatif solusi, yaitu pemberian satu unit baru dalam capaian pembelajaran Bahasa Indonesia yang berfokus pada pemahaman kebahasaan dan peningkatan keterampilan penalaran teks ataupun dengan meleburkan kedua fokus tersebut pada kurikulum yang sudah ada sebagai respons atas isu ketidaksesuaian materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketidaksimetrisan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ujian masuk perguruan tinggi negeri menjadi polemik yang diharapkan menggerakkan pihak terkait untuk mengadaptasikan diri dengan kondisi lapangan.

English Abstract

The problem of incompatibility of the Indonesian language that is learned and tested becomes an annual scourge for students who face state college entrance exams. Until now, these issues require a resolution as soon as possible because there is very high anxiety among high school students. This study intends to explore the incompatibility of Indonesian language learning based on text with Indonesian language competence at the selection for the state university. Through this type of qualitative-descriptive research using document study as a collect data technique, the results achieve that the competencies needed in the state college entrance exams were more oriented towards text analysis skills that emphasize aspects of critical reasoning and comprehensive language understanding while the learning is not. Learning materials schools have been more inclined based on the structural text. This research offers two alternative solutions that focus on mastering linguistic aspects and improving text reasoning skills or merging those two focuses into existing curriculum as a response to the incompatibility of Indonesian language learning. So it's can conclude that the out-of-sync of learning Indonesian with the college entrance exam became a polemic that called on Indonesian language teachers to make changes and adapt themselves to field conditions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120013
Uncontrolled Keywords: Asymmetry; Indonesian Language Learning Based on Text, Competence in State College Entrance Exams-Asimetri, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks, Kompetensi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:37
Last Modified: 29 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217968
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Halimah Milladunka Nazilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item