Value Proposition Canvas Pada Bisnis Fesyen (Studi Kasus Ruang Si Kecil)

Annisa, Nadia Tri and Sri Palupi Prabandari, SE, MM., Ph.D (2023) Value Proposition Canvas Pada Bisnis Fesyen (Studi Kasus Ruang Si Kecil). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ruang Si Kecil merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang usaha pakaian anak perempuan. Ciri khas produknya adalah pada bordirannya. Tujuan penelitian kualitatif deskriptif ini adalah untuk mengidentifikasi value proposition canvas yang akan diterapkan perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Metode analisis yang diterapkan adalah value proposition canvas. Penelitian ini menemukan bahwa profil konsumen yang dibidik oleh perusahaan adalah konsumen yang membutuhkan pakaian anak yang nyaman dipakai untuk beraktivitas sehari-hari dengan bahan yang berkualitas dan desain yang menarik. Pada bagian value map, Ruang Si Kecil menawarkan home dress, gamis, dan piyama; menawarkan solusi bagi konsumennya dengan memberikan akses berbelanja melalui marketplace, menjamin daya tanggap, dan mengakomodasi layanan garansi produk. Solusi dan manfaat yang diberikan kepada konsumen dalam profil value proposition canvas diharapkan dapat membantu perusahaan memenuhi preferensi konsumen.

English Abstract

Ruang Si Kecil is one of the MSMEs engaged in the business of female children clothing. Its products are characterized by its embroidering. The objective of this descriptive qualitative research is to identify the value proposition canvas to be applied by the company to develop its business. The incorporated method of analysis is the value proposition canvas. This study finds that the profile of the consumers targeted by the company is consumers who need children clothes that are comfortable to be worn for daily activities made from quality materials and attractive design. In value map part, Ruang Si Kecil offers home dresses, gamis, and pajamas; offers solutions for its consumers by providing access to shop via marketplaces, ensures responsiveness, and accommodates product warranty services. The solutions and benefits provided for the consumers within the value proposition canvas’ profile are expected to help the company meets the consumers’ preferences.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0523020885
Uncontrolled Keywords: Value Proposition Canvas, Fesyen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 19 Apr 2024 07:35
Last Modified: 19 Apr 2024 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217966
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadianaya Annisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item