Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Implementasi Teori Konstruktivisme Piaget Pada Siswa Kelas X-A SMA.

Andraini, Alfira and Dr. Warsiman, S.Pd., M.Pd. (2024) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Melalui Implementasi Teori Konstruktivisme Piaget Pada Siswa Kelas X-A SMA. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa X-A SMA 2 Malang dan menganalisis peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa melalui teori belajar konstruktivisme Jean Piaget terhadap hasil belajar siswa X-A SMA 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data penelitian berasal dari hasil observasi,wawancara, hasil angket dan nilai hasil belajar siswa dalam kegiatan menulis teks eksposisi. Hasil yang diperoleh dari pembelajaran menulis teks eksposisi menggunakan teori konstruktivisme Piaget mengalami adanya peningkatan. Dalam pengimplementasian teori konstruktivisme Piaget ini menerapkan 6 fase yang meliputi tingkah laku, penyajian informasi, mendorong dan melatih siswa, memeriksa dan memberi umpan balik, melakukan evaluasi serta memberikan reward dan punishmen. Keenam fase teori konstruktivisme Piaget ini diterapkan dalam pembelajaran dikelas pada kegiatan awal atau pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup yang berkesinambungan. Pada impementasi teori konstuktivisme Piaget ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada hasil belajar siswa siklus I adalah 72,72 dan nilai rata-rata pada hasil belajar siswa siklus II adalah 80,5. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode belajar konstruktivisme ini membuat peningkatan dalam nilai rata-rata hasil belajar siswa di pembelajaran bahasa indonesia khususnya menulis teks eksposisi.

English Abstract

This research aims to describe the implementation of constructivist learning theory in learning to write expository texts for X-A SMA 2 Malang students and to analyze the improvement in students' ability to write expository texts through Jean Piaget's constructivist learning theory on the learning outcomes of X-A SMA 2 Malang students. This research was carried out using the PTK (Classroom Action Research) type of research. Research data comes from observations, interviews, questionnaire results and student learning outcomes in expository text writing activities. The results obtained from learning to write expository texts using Piaget's constructivism theory have increased. In implementing Piaget's theory of constructivism, 6 phases are applied which include behavior, presenting information, encouraging and training students, checking and providing feedback, conducting evaluations and providing rewards and punishments. The six phases of Piaget's constructivist theory are applied in classroom learning in initial or introductory activities, core activities and continuous closing activities. In the implementation of Piaget's theory of constructivism, it can be seen from the average value of student learning outcomes in cycle I is 72.72 and the average value in student learning outcomes in cycle II is 80.5. From these results it can be concluded that the use of this constructivist learning method makes an increase in the average value of student learning outcomes in Indonesian language learning, especially writing expository texts.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524120010
Uncontrolled Keywords: Teks Eksposisi; Teori Belajar Konstruktivisme; Menulis; Peningkatan-Exposition Text; Constructivist Learning Theory; Writing; Enhancement
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:46
Last Modified: 26 Apr 2024 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217963
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Alfira Andraini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item