Strategi Customer Oriented Dengan Penentuan Pemberian Reward Kepada Konsumen Untuk Pemaksimalan Penggunaan Aplikasi Power Pt Pertamina Lubricants Di Kota Malang

Baihaqi, Mochammad Wildan Praditya and Hapsari Dian Sylvatri, S.S.,M.I.Kom (2023) Strategi Customer Oriented Dengan Penentuan Pemberian Reward Kepada Konsumen Untuk Pemaksimalan Penggunaan Aplikasi Power Pt Pertamina Lubricants Di Kota Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Pertamina Lubricants atau PTPL adalah anak perusahaan dari PT Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang produksi pelumas dan speciality chemical. Di tahun 2023 ini PTPL sudah 10 tahun melayani kebutuhan konsumen di bidang pelumas. Persaingan pasar yang semakin kompetitif membuat PTPL semakin berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Sebagai salah satu bentuk customer oriented, PTPL menyediakan Aplikasi berbasis android yang bernama Power ( Pertamina Owner dan Mechanic Reward ). Aplikasi Power untuk pemilik outlet dan mekanik yang memudahkan PTPL dalam menyampaikan informasi program dan promo yang ditawarkan untuk pemilik outlet dan mekanik. Aplikasi tersebut membantu PTPL untuk berkomunikasi secara langsung dengan konsumen. Sejak hadirnya Aplikasi Power di tahun 2018 PTPL tidak berhenti untuk menawarkan kemudahan dalam menggunakan Aplikasi Tersebut, namun masih banyak konsumen yang tidak berminat dalam menggunakan aplikasi tersebut. PTPL selalu memberikan penawaran yang menarik agar konsumen berminat dalam menggunakan Aplikasi Power Selama pelaksanaan praktek kulia kerja di PTPL unit sales area manager Malang penulis diberi kesempatan untuk turun langsung ke konsumen PTPL di wilayah Territory Malang 1. Penulis mendapatkan banyak manfaat berupa pengalaman, ilmu, dan keahlian dalam dunia marketing. Pada saat penulis turun untuk menemui konsumen secara langsung, terdapat beberapa konsumen yang masih belum berminat dalam menggunakan Aplikasi Power. Penelitian ini berfokus pada membantu PTPL untuk memaksimalkan penggunaan Aplikasi Power bagi konsumen di Territory Malang 1 dengan cara menawarkan reward yang diminati konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuesioner. Analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa konsumen PTPL di Territory Malang 1 mengharapkan reward berupa alat bengkel, diskon, kontrak, logam mulia, tour, uang tunai dan voucher belanja.

English Abstract

PT Pertamina Lubricants or PTPL is a subsidiary of PT Pertamina (Persero) which is engaged in the production of lubricants and specialty chemicals. In 2023, PTPL has been serving consumer needs in the lubricant sector for 10 years. The increasingly competitive market competition makes PTPL increasingly strive to provide the best service for consumers. As a form of customer oriented, PTPL provides an android-based application called Power (Pertamina Owner and Mechanic Reward). Power is application for outlet owners and mechanics that makes it easier for PTPL to convey information on programs and promos offered to outlet owners and mechanics. The application helps PTPL to communicate directly with consumers. Since the presence of the Power Application in 2018 PTPL has not stopped to offer convenience in using the application, but there are still many consumers who are not interested in using the application. PTPL always provides attractive offers so that consumers are interested in using the Power Application. During the implementation of practical work lectures at PTPL sales unit area manager Malang, the author was given the opportunity to descend directly to PTPL consumers in the Malang Territory 1 area. The author gets many benefits in the form of experience, knowledge, and expertise in the world of marketing. When the author came down to meet consumers directly, there were some consumers who were still not interested in using the Power Application. This research focuses on helping PTPL to maximize the use of Power Applications for consumers in Territory Malang 1 by offering rewards that consumers are interested in. The research method used is the questionnaire method. Data analysis using descriptive quantitative methods. The results of research that have been conducted show that PTPL consumers in Territory Malang 1 expect rewards like workshop equipment, discounts, contracts, precious metals, tours, cash and shopping vouchers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0523170491
Uncontrolled Keywords: Customer Oriented, Aplikasi Power, Reward, PT Pertamina Lubricants-Customer Oriented, Power Application, Reward, PT Pertamina Lubricants
Divisions: Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Apr 2024 00:23
Last Modified: 04 Apr 2024 00:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/217951
[thumbnail of DALAM MAS EMBARGO] Text (DALAM MAS EMBARGO)
Mochammad Wildan Praditya Baihaqi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item